Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan dan Cara Penggunaannya

0
5
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Cuka apel adalah produk terapan yang dihasilkan dari pengolahan buah apel. Meski sudah beredar luas di masyarakat, namun keberadaan cuka apel belum dimanfaatkan secara maksimal. Padahal selain sebagai penyedap makanan, cuka apel juga memiliki khasiat yang cukup baik bagi kesehatan.

Bagaimana cara menggunakan cuka apel?

Buah apel ketika memasuki masa panen akan sangat melimpah. Alhasil tidak semua buah dijual, namun ada sebagian yang diolah menjadi cuka apel. Pemanfaatan cuka apel sangat beragam, mulai dari penyedap makanan hingga menyembuhkan penyakit.

Terdapat dua jenis cuka apel yang umumnya beredar di masyarakat. Pertama cuka yang dibuat dari sari apel beralkohol dan kedua cuka dari fermentasi sari apel. Hanya saja cuka yang terbuat dari sari apel beralkohol, memiliki kandungan alkohol sekitar 5,85%.

Secara umum penggunaan cuka apel untuk kesehatan sangat mudah. Caranya mencampurkan sekitar 1 atau 2 sendok makan cuka apel ke dalam air putih. Kemudian minum air tersebut secara rutin, setiap hari. Terdapat kandungan zat asam di dalam cuka apel yang bisa mengatasi masalah kesehatan seseorang.

Manfaat cuka apel bagi kesehatan seseorang

  1. Dapat membantu dalam program diet. Cuka apel sudah dipercaya masyarakat luas dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan mengkonsumsi cuka apel secara teratur, metabolisme tubuh akan terjaga.
  2. Dapat mengatasi hipertensi. Buah apel dikenal sangat bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah. Khasiat tersebut rupanya tidak mengalami perubahan, meski buah apel telah difermentasi menjadi cuka.
  3. Dapat mengatasi rematik. Masalah persendian seperti rematik kerap menganggu seseorang, khususnya yang telah berusia lanjut. Hal itu terjadi karena endapan zat asam yang berada di area sendi mengganggu fungsi tulang. Mengkonsumsi cuka apel dipercaya dapat mengatasi rematik pada tubuh seseorang.
  4. Dapat membantu pembuangan racun dalam tubuh. Timbulnya penyakit pada seseorang bisa diakibatkan karena keberadaan racun. Dengan mengkonsumsi cuka apel, maka rancun di dalam tubuh bisa teratasi. Pasalnya cuka apel memiliki kandungan zat asam yang bermanfaat untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh.
  5. Dapat mengatasi noda pada gigi. Zat asam yang terdapat pada cuka apel sangat efektif guna membersihkan noda yang muncul di gigi. Jika seseorang ingin gigi bersih dari noda, maka cobalah untuk mengolesi dan membersihkannya dengan cuka apel.
  6. Dapat mengatasi peningkatan gula darah. Cuka apel juga memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Hal tersebut dibuktikan dari penelitian Carol Johnston yang merupakan pakar gizi Arizona State University. Carol Johnston yang mempelajari sari cuka apel kurang lebih 10 tahun, percaya bahwa cuka apel mampu menstabilkan gula dalam darah sehingga menjauhkan diri dari serangan diabetes. (APY)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY