Batas Konsumsi Gula, Garam dan Lemak yang Aman Per Harinya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Makanan yang enak menurut orang memiliki definisi yang berbeda-beda. Ada yang mendifinisikan bahwa makanan enak adalah makanan yang cita rasanya manis atau pedas. Dan juga ada yang mendefinisikan bahwa makanan enak adalah makanan yang asin atau bahkan makanan yang berlemak adalah makanan terenak. Karena berbeda-beda maka dapat disimpulkan bahwa makanan enak adalah makanan yang sesuai dengan selera orang yang mengonsumsi makanan tersebut.

Perbedaan cita rasa yang dimiliki masing-masing orang menunjukan bahwa penggunaan gula, garam dan lemak dalam makanan itu penting. Karena dapat memenuhi selera dan memperkuat cita rasa dan tentunya berguna untuk tubuh.

Walaupun berguna untuk tubuh. Tetapi konsumsi gula, garam dan lemak memiliki batas untuk tubuh. Jika terlalu berlebihan maka akan memunculkan bahaya bagi tubuh. Bahayanya yaitu dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit kronis yang tidak menular seperti penyakit jantung, stroke dan diabetes.

Meskipun bersifat tidak menular. Penyakit-penyakit seperti penyakit jantung, diabetes dan penyakit kronis tidak menular lainnya menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Dan sekarang ini jumlahnya semakin banyak. Oleh karena itu kita harus mencegah dan memperkecil angka kematian tersebut. Salah satunya dengan membatasi kadar konsumsi gula, garam dan lemak pada tubuh.

Batas aman konsumsi gula, garam dan lemak per harinya menurut kementrian kesehatan republik indonesia di singkat menjadi G4G1L5. Maksud dari G4G1L5 adalah konsumsi gula per orang dalam satu hari adalah 50 gram atau 4 sendok makan, konsumsi garam per orang dalam satu hari yaitu 2.000 miligram natrium atau sodium atau 5 gram atau 1 sendok teh saja. Sedangkan konsumsi lemak per orang dalam per hari 67 gram atau 5 sendok makan banyaknya.

Jika menurut kelompok umur, kemenkes membagi kadar konsumsi gula sebagai berikut:

  • Umur 1 sampai 3 tahun sebanyak 2 sampai 5 sendok teh
  • Umur 4 sampai 6 tahun sebanyak 2,5 sampai 6 sendok teh
  • Umur 7 sampai 12 tahun sebanyak 4 sampai 8 sendok teh
  • Lebih dari 13 tahun dan dewasa sebanyak 5 sampai 9 sendok teh
  • Untuk lansia sebanyak 4 sampai 8 sendok teh.

Sedangkan WHO merekomendasikan asupan lemak tidak lebih dari 30% dari asupan total energi per hari. Ini setara dengan 67 gram lemak per hari, jika total kebutuhan energi Anda per hari 2000 kalori. Atau, setara dengan 5-6 sendok makan minyak per hari. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY