Benarkah Khasiat Wortel Bisa untuk Kesehatan Kulit?

www.sehatfresh.com

Sehatfresh.com – Wortel identik dengan kesehatan mata. Namun, wortel juga memiliki banyak manfaat lain, termasuk sebagai perawatan kecantikan dan perawatan kulit wajah serta tubuh.

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Wortel mengandung beta-karotin yang berkhasiat untuk membantu sistem kekebalan pada tubuh, sistem pencernaan, saluran pernapasan, pertumbuhan gigi, tulang, dan rambut.

Tak hanya itu, wortel juga merupakan bahan alami untuk kesehatan kulit. Selain sehat, kecantikan alami bisa Anda dapatkan melalui wortel yang sudah terbukti ampuh sekaligus aman dalam membuat kulit putih cerah merona.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa khasiat wortel untuk kesehatan kulit:

  • Mencerahkan kulit wajah

Dengan memakai masker wajah dari wortel dan madu, wajah Anda akan terawat. Kandungan kalium dalam wortel juga dapat mencerahkan kulit.

  • Relaksasi kulit

Kulit yang lelah karena sering terkena polusi, debu, atau stres akibat pekerjaan serta masalah sehari-hari dapat dirawat menggunakan wortel untuk kulit. Caranya dengan menghancurkan wortel yang telah dikupas hingga menjadi berbentuk pasta yang kental menggunakan blender. Kemudian, campur pasta wortel itu dengan sedikit air mawar. Lalu, masukkan ke botol semprot. Gunakan ketika wajah terasa lelah.

  • Mencegah masalah kulit

Kandungan vitamin A dalam wortel bisa memperbaiki pencernaan tubuh. Alhasil, ini juga memperlancar aliran darah dalam tubuh sehingga mengurangi risiko timbulnya jerawat. Di samping itu, kandungan antioksidan pada wortel dapat mencegah timbulnya penyakit kulit selain jerawat, seperti eksim, dermatitis, dan ruam kulit. Manfaat wortel untuk mengatasi masalah gatal pada kulit juga mempunyai kesamaan dengan manfaat bubuk kayu manis untuk wajah.

  • Menghilangkan noda

Noda bekas jerawat di kulit atau flek hitam terkadang sulit dihilangkan dan sukar ditutupi dengan make up tipis. Supaya wajah tampak lebih mulus, wortel juga dapat menghilangkan noda-noda di kulit, seperti flek hitam dan warna kulit yang tidak merata.

  • Mengatasi wajah berminyak

Kandungan minyak berlebih di wajah dapat diatasi dengan masker wortel yang dicampur dengan madu dan minyak zaitun. Sebelum menghaluskannya, wortel harus dikukus terlebih dulu agar teksturnya menjadi halus. Tekstur masker yang masih kasar akan membuat wajah semakin berminyak.

  • Mengencangkan kulit

Vitamin C yang terkandung dalam wortel membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh sehingga memelihara kekencangan dan kekenyalan kulit.

  • Mencegah penuaan dini

Rajin mengonsumsi jus wortel atau menggunakan wortel sebagai masker wajah dapat mengatasi keriput pada wajah secara alami dan salah satu cara mencegah penuaan dini pada wajah.

  • Mempercepat penyembuhan luka

Wortel mempunyai sifat antiinflamasi atau antiperadangan. Selain itu, kandungan vitamin E pada wortel dapat membantu penyembuhan luka lebih cepat. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here