Benarkah Mendengkur Terjadi Karena Berat Badan Berlebihan?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seseorang yang memiliki kebiasaan mendengkur biasanya akan dijauhi oleh teman-temannya, bahkan oleh pasangannya sendiri. Alasannya karena mendengkur sangat mengganggu tidur oang lain. Banyak faktor yang bisa membuat seseorang mendengkur. Salah satunya ialah adanya kelebihan berat badan.

Mengapa Berat Badan Berlebihan Membuat Seseorang Mendengkur?

Memang benar bahwa obesitas merupakan pemicu seseorang memiliki kebiasaan mendengkur. Seorang dengan tubuh yang obesitas memiliki daya konsumsi makanan yang lebih tinggi dan biasanya akan diikuti oleh kebiasaan malas berolahraga. Alhasil selalu merasa kantuk dan ketika tidur terlalu nyenyak dan mendengkur.

Apabila seseorang mengalami pertambahan berat badan beberapa kilo, meskipun masih dalam hitungan tubuh ideal. Tetap dimungkinkan seseorang tersebut juga akan mulai mendengkur. Berat badan berlebihan membuat banyaknya timbunan lemak di area tenggorokan sehingga saluran suara menjadi lebih sempit dan suara menjadi

Pada kondisi seseorang yang mengalami pertamabahan berat badan tentunya akan terjadi kehilangan kekencangan otot. mendengkur merupakan proses tenggorokan dan area rahang menjadi lebih longgar sehingga lidah seakan tertarik ke dalam kerongkongan. Proses ini sangat mengganggu pernafasan saar tidur sehingga getaran di area tenggorokan mengalir membuat jalur udara menyempit dan timbullah dengkuran.

Seseorang yang memiliki kebiasaan mendengkur memiliki resiko memiliki penyakit hipertensi, diabetes, apnena, depresi, dan berbagai hal yang lain. Seseorang yang mendengkur ketika bangun tidur biasanya akan mengalami sakit kepala karena pasokan oksigen di dalam otak begitu rendah.

Seseorang yang memiliki hobi mendengkur akan mengeluh kekeringan di area mulut dan tenggorokan. Biasanya penderita pun akan sulit tidur sehingga tidak memiliki pola tidur yang baik. Seseorang biasanya membutuhkan waktu tidur sepanjang 7 sampai 8 jam saat tidur setiap harinya. Sehingga dapat menghilangkan pikiran buruk yang seringkali mengganggu seseorang. Biasanya seorang pendengkur seringkali terbangun ketika mengalami masalah dan ini dapat mengganggu kesehatan.

Bagi banyak orang kurang tidur ialah masalah biasa dan masalah kecil. Padahal kurang tidur merupakan gangguan atau masalah yang cukup serius. Sebab seseorang yang mengalami sulit tidur akan kurang produktif, kurang konsen, dan kurang fit sehingga sangat mengganggu pekerjaan.

Ada baiknya seseorang tetap menjaga kesehatan dan menjaga berat tubuh agar tetap ideal apabila memang berniat untuk menghilangkan kebiasaan mendengkurnya. Banyak dampak yang akan terjadi jika kebiasaan mendengkur tetap saja masih dilakukan, karena memang tidak baik untuk kesehatan. Terlebih kebiasaan mendengkur juga bisa menjauhkan seorang pria dengan pasangannya.

Demikian informasi mengenai kebenaran mendengkur yang diakibatkan oleh adanya berat badan berlebihan. Sebaiknya sedini mungkin menjaga pola makan agar tidak mengalami berbagai kelainan. Termasuk kelainan tidur seperti mendengkur. Semoga bermanfaat bagi para Pembaca. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here