Beragam Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak dipungkiri jika telur merupakan sumber nutrisi yang tinggi bagi tubuh manusia. Telur memiliki banyak manfaat seperti tinggi protein, membantu kecerdasan otak, hingga kesehatan mata. Lantas secara lebih spesifik, apa manfaat kuning telur bagi kesehatan?

Kuning telur memiliki kandungan nutrisi tinggi

Seperti yang diketahui jika kuning telur memiliki kandungan vitamin K, vitamin E, kalsium, zat besi, seng, dan mineral lain. Dengan kandungan tersebut, kuning telur tentu sangat bermanfaat untuk dikonsumsi.

Kuning telur memiliki proten tinggi

Kuning telur menyediakan protein berkualitas bagi kebutuhan tubuh. Kandungan asam amino pada telur menjadi faktor terpenting pembentuk protein. Setidaknya ada 9 jenis asam amino yang terdapat di dalam telur, tidak bisa dihasilkan oleh tubuh. Itu artinya seseorang hanya bisa mendapatkan jenis asam amino tersebut dengan mengonsumsi telur.

Kuning telur bagus untuk kesehatan mata

Kuning telur memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Di satu sisi kekurangan vitamin A bisa menyebabkan penurunan fungsi penglihatan dan berbagai gangguan mata lainnya. Selain itu telur juga mempunyai kandungan Lutein and Zeaxanthin, merupakan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Antioksidan tersebut biasanya ada di sekitar retina, guna melindungi mata dari ancaman eksternal berbahaya.

Kuning telur mengandung kolin, bagus untuk perkembangan otak

Kolin merupakan nutrisi yang dapat membantu perkembangan otak, mulai dari janin di dalam kandungan hingga seseorang yang berusia lanjut. Kolin memiliki fungsi untuk melindungi membran sel, memproduksi molekul sinyal pada otak, memperbaiki fungsi memori pada otak, dan lain sebagainya yang terkait dengan kesehatan otak.

Bagi wanita hamil, sebutir telur setiap hari dianggap mampu mencukupi sekitar 30% kebutuhan kolin. Kolin sangatlah bermanfaat bagi ibu hamil, karena memiliki peran dalam membantu perkembangan otak dan peningkatan memori pada janin.

Kuning telur dapat meningkatkan level HDL (Kolesterol Baik)

HDL atau High Density Lipoprotein, lebih dikenal dengan julukan “kolesterol baik”. Seseorang apabila mempunyai tingkat HDL yang lebih tinggi, maka dapat menurunkan resiko penyakit jantung atau stroke. Mengkonsumsi kuning telur menjadi salah satu cara untuk meningkatkan HDL di dalam tubuh.

Kuning telur dapat membantu menurunkan berat badan

Mengkonsumsi kuning telur dapat membuat seseorang merasa kenyang, karena kandungan protein yang tinggi terdapat di dalamnya. Telur juga mempunyai tingkat satiety index yang tinggi. Satiety index merupakan ukuran guna mengetahui, apakah suatu makanan dapat menghadirkan “rasa kenyang” tanpa menambah kalori lagi ke dalam tubuh. Itu artinya bahwa telur bisa memberikan rasa kenyang apabila dikonsumsi.

Kuning telur bagus untuk kuku dan rambut

Kuku dan rambut umumnya bisa menjadi acuan ketidakseimbangan biokimia terkait kurangnya nutrisi. Kuning telur bisa membantu dalam menjaga kesehatan kuku dan rambut, karena memiliki kandungan  vitamin A, vitamin E, asam amino, dan mineral lainnya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY