Bisakah Wanita Sudah Menopause Bisa Hamil

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bisakah wanita yang sudah memasuki menopause hamil? Tak sedikit wanita yang menjawabnya ‘tidak bisa’. Tapi, benarkah demikian?

Salah satu tanda wanita menopause adalah siklus menstruasi. Kehamilan pada era menopause masih dapat terjadi saat wanita tersebut masih mengalami menstruasi. Menstruasi mengindikasikan ovulasi masih dapat terjadi. Kehamilan mungkin terjadi saat telur dengan mudah dilepaskan oleh ovarium untuk dibuahi. Bagaimanapun juga, kehamilan tidak akan semudah saat wanita masih produktif. Saat menstruasi berhenti, maka kehamilan tidak akan pernah terjadi.

Menurut dokter kandungan di Guys and St Thomas ‘NHS Foundation Trust Dr. Helen Bickerstaff, banyak wanita salah mengerti. Mereka berhenti menggunakan kontrasepsi setelah periode menstruasi mereka menjadi tidak teratur. Padahal, kehamilan tetap bisa terjadi.

“Tentu saja selama masa pendarahan yang tidak teratur dan muka memerah, seorang wanita mungkin tidak akan hamil karena dia tidak berovulasi secara normal. Namun, tiba-tiba, dia bisa kembali ke siklus menstruasi yang teratur. Yang dibutuhkan adalah satu telur yang normal pada waktu yang tepat,” jelas Dr.  Helen.

Selain itu, hormon estrogen sangat dibutuhkan dalam usaha untuk hamil. Namun, ini sangat sulit saat wanita memasuki masa menopause. Saat kadar hormon menurun, tubuh menjadi sulit untuk hamil karena fungsi-fungsinya sudah tidak selancar saat produktif. Di sisi lain, wanita cenderung mengalami berbagai efek samping yang tidak menyenangkan selama menopause yang mana sedikit menghambat para wanita untuk bisa hamil.

Di samping itu, ada cara lain untuk menyuburkan wanita menopause di antaranya dengan meremajakan sel telur dengan menukarkan mitokondria dengan sel telur pada wanita muda.

Pendekatan lainnya adalah mengekstraksi sel batang dari ovarium wanita dan mematangkannya (mendewasakannya) dalam telur baru di laboratorium. Jika cara ini berhasil, maka akan memberi para wanita segala umur kemampuan dalam menghasilan telur muda.

Belum lama ini, sebuah klinik kesuburan di Athena, Yunani, mengklaim berhasil membalikkan siklus menopause dalam sebuah kelompok pasien. Tim dokter dari klinik itu menginjeksikan ovarium para wanita dengan plasma kaya trombosit dari darah mereka sendiri.

Tim dokter menyatakan, mereka berhasil menyuburkan sel telur dari pasien-pasien mereka. Mereka berencana segera menanamkan embrio-embrio ini yang jika berkembang normal, maka bayi dari wanita menopause akan lahir. Perlakuan medis semacam ini juga telah ditawarkan oleh dua klinik di New York dan Mesir.

Intinya, wanita yang telah memasuki masa menopause masih bisa hamil, meski tidak semudah saat masih di usia subur. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah adanya potensi berbagai dampak negatif bila wanita hamil dan melahirkan di masa menopause. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY