Deretan Penyakit yang Mengintai Perokok Pasif

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sudah banyak penelitian tentang bahaya merokok. Tidak hanya perokok aktif, bahaya kesehatan juga mengintai perokok pasif. Dengan kata lain, paparan asap rokok yang mengenai perokok pasif dapat menyebabkan berbagai penyakit. Semakin terekspos dengan asap rokok, semakin tinggi risiko penyakitnya. Tidak ada tahap paparan asap rokok yang bebas dari risiko.

Salah satu penelitian menunjukkan, dalam asap tembakau mengandung lebih dari 4.000 senyawa kimia, seperti karbon monoksida yang biasa ditemukan dalam knalpot mobil, kromium yang umumnya digunakan untuk pembuatan besi, sianida yang sering digunakan dalam pembuatan senjata api, formaldehid yang banyak digunakan pada industri kimia, timbal yang merupakan bahan metal yang beracun, dan polonium yang termasuk suatu substansi radioaktif.

Banyaknya senyawa berbahaya dalam asap rokok tentu berdampak buruk bagi kesehatan orang-orang di sekitarnya. Sejumlah penyakit pun mengintai perokok pasif. Lalu, penyakit apa saja yang berpotensi diderita oleh perokok pasif?

  • Jantung

Tidak hanya para perokok aktif yang berisiko terserang penyakit jantung, para perokok pasif pun juga memiliki tingkat risiko yang sama.  Hal tersebut dikarenakan setiap nafas yang dihirup dan berasal dari asap rokok akan mengganggu pembuluh darah dalam tubuh. Menurut buku The Tobacco Atlas, asap rokok dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru sebesar 30% dan 25% jantung koroner.

  • Kanker paru-paru

Penyakit paru juga mengintai para perokok pasif karena asap rokok mengandung berbagai senyawa kimia yang dapat membahayakan kondisi paru-paru, terutama bagi mereka yang memiliki asma atau PPOK (penyakit paru obstruktif kronik). Asap rokok juga merupakan salah satu faktor utama timbulnya berbagai penyakit, seperti kanker paru. Selain itu, benzena yang terkandung dalam asap rokok juga dapat meningkatkan risiko terjadinya leukemia.

  • Kematian dini

Rokok mengandung berbagai senyawa kimia berbahaya. Sekali seseorang menghisap dan mengeluarkan asapnya, kimia itu akan terpecah dan membahayakan. Perokok pasif akhirnya memiliki risiko terkena berbagai penyakit sampai kematian dini.

  • Gangguan pernafasan

Kebanyakan orang saat menghirup asap rokok akan mengalami batuk. Merokok memang menimbulkan masalah pada pernafasan. Tak hanya itu, perokok pasif ternyata juga memiliki risiko gangguan kesehatan yang sama, misalnya memperparah asma, sulit bernafas, batuk berkepanjangan hingga alergi.

  • Melemahkan sistem imun anak

Sistem imun anak masih sangat lemah. Beberapa risiko anak yang menjadi perokok pasif adalah pertumbuhan paru-paru yang lambat, asma, radang saluran pernafasan, infeksi telinga, pneumonia, dan batuk berkepanjangan.

  • Bayi mati mendadak

Jika bayi atau anak kecil menjadi perokok pasif, mereka berisiko mengalami SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) atau sindrom mati mendadak. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY