Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan Kulit

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Buah delima bisa menjadi ramuan rahasia untuk mendapatkan kulit yang sehat. Terlebih, buah delima cocok digunakan sebagai perawatan untuk semua jenis kulit.

Sebagai perawatan kulit, delima lazimnya dijadikan jus. Struktur molekul delima yang kecil akan menembus jauh ke dalam kulit untuk memberikan kelembaban yang cukup dan hidrasi pada kulit. Oleh karena itu, jus delima akan menenangkan kulit kering dan teriritasi. Jus buah delima juga bermanfaat bagi kulit yang rentan berminyak. Penerapan jus delima pada kulit berminyak bisa mencegah wabah jerawat dan mengontrol produksi sebum.

Apalagi ya manfaat delima untuk kesehatan kulit? Yuk, kita simak beberapa di antaranya di bawah ini:

  • Memperlambat penuaan

Diet jus delima dapat membantu memperlambat proses penuaan yang akan mengurangi keriput dan garis-garis halus yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Hal ini juga akan membantu mempertahankan regenerasi sel-sel kulit dan mencegah pigmentasi berlebihan dan terjadinya bintik-bintik gelap.

  • Antioksidan

Memiliki kandungan vitamin C, buah delima berperan sebagai antioksidan bagi kulit. Antioksidan berarti mencegah masuknya radikal bebas ke lapisan dalam kulit. Radikal bebas tersebut mencakup kotoran, debu serta bakteri-bakteri penyebab jerawat dan infeksi pada kulit.

  • Melindungi efek negatif terpaan sinar matahari

Terlalu sering terkena sinar matahari bisa menyebabkan kerusakan sel kulit tubuh, seperti munculnya keriput, kulit kusam karena terbakar matahari, atau kanker. Delima memiliki kandungan polyphenol yang baik untuk memperbaiki kerusakan sel akibat paparan sinar matahari.

  • Melembapkan kulit wajah

Untuk mengembalikan kelembaban kulit, memanfaatkan masker wajah dari buah delima merupakan salah satu pilihan. Hal ini karena buah delima akan melembapkan kulit dengan kandungan asam punicic-nya.

  • Mengurangi minyak pada wajah

Minyak tidak hanya membuat wajah menjadi kusam, namun juga membuat wajah menjadi rentan terhadap berbagai masalah kulit, seperti jerawat dan komedo. Jika tidak ingin hal ini terjadi, Anda dapat memanfaatkan masker wajah delima sebagai solusi karena buah ini akan membantu menstabilkan kadar minyak pada kulit wajah.

  • Mencerahkan kulit wajah

Delima juga mempunyai kemampuan untuk mempercepat regenerasi kulit. Kulit mati yang masih bertengger di kulit berupa bekas jerawat atau flek hitam akan diangkat dan diganti dengan kulit baru yang lebih cerah. Dengan demikian, delima mempunyai kemampuan untuk mencerahkan kulit wajah.

  • Membantu menyembuhkan luka

Delima membantu dalam regenerasi sel-sel kulit di lapisan kulit epidermis dan dermis. Ini berarti delima memiliki kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Minyak biji delima yang sarat dengan nutrisi juga bermanfaat bagi penguatan dan regenerasi epidermis. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here