Bolehkan Menggunakan Minyak Zaitun Sebagai Pelumas untuk Seks?

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penggunaan pelumas bisa sangat membantu suasana bercinta semakin nikmat dan lancar. Namun, baik pria ataupun wanita tidak boleh sembarangan memilih pelumas saat berhubungan intim. Lantas, bagaimana dengan pemakaian minyak zaitun atau olive oil untuk digunakan sebagai pelumas alami? Apakah aman dan sehat bagi organ intim? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Minyak zaitun bisa jadi pelumas untuk seks apa tidak?

Kandungan yang terdapat minyak zaitun memiliki banyak sekali manfaatnya. Mulai dari baik dikonsumsi sebagai bahan makanan, perawatan rambut dan kulit, hingga sebagai pelumas saat berhubungan intim.

Saat berhubungan intim dengan menggunakan minyak zaitun asli dan alami cukup aman, asalkan Anda tidak memiliki riwayat alergi terhadap zaitun. Keuntungan menggunakan minyak zaitun sebagai pelumas untuk seks antara lain adalah minyak zaitun mampu membuat (hubungan intim) lebih licin dan ramah untuk kulit daripada produk-produk lain yang mengandung berbagai bahan kimia. Minyak zaitun memiliki sifat melembabkan, sehingga sangat membantu masalah vagina kering saat dimasukkan alat kelamin pria.

Beberapa produk minyak zaitun sering digunakan untuk masak atau bahan makanan (bukan untuk kulit atau rambut) sehingga bisa juga digunakan sebagai pelumas saat seks oral.

Kendati demikian, Anda perlu hati-hati karena saat menggunakan produk apa pun sebagai pelumas ketika berhubungan intim, termasuk minyak zaitun. Karena dapat menyebabkan efek samping pada kelamin. Biasanya efek samping yang dialami adalah infeksi jamur dan infeksi bakteri pada area vagina wanita.

Hal ini bisa terjadi karena penggunaan minyak zaitun sebagai pelumas saat seks dapat mengganggu keseimbangan bakteri di daerah vagina. Pada dasarnya vagina memiliki sistem khusus untuk menjaga kadar bakteri baik yang lebih banyak dan lebih kuat daripada bakteri jahat dan jamur yang menyebabkan infeksi atau iritasi.

Maka dari itu, minyak zaitun tidak disarankan untuk digunakan sebagai pelumas sehari-hari saat berhubungan intim. Terutama bagi Anda yang rentan terkena infeksi vagina atau sering mengalami gejala seperti vagina gatal, rasa sakit ketika berhubungan intim dan keputihan yang tidak wajar atau berbau.

Sebenarnya, Anda boleh saja memakai minyak zaitun sebagai pelumas saat melakukan seks, namun jangan terlalu sering. Cukup sesekali saja memakai pelumas minyak zaitun, misalnya dalam keadaan darurat, dann masih relatif aman digunakan bagi pasangan yang sehat.

Jika Anda selalu merasa butuh dan harus menggunakan pelumas saat berhubungan seksual, bicarakan terlebih dahulu secara jujur dan terbuka dengan pasangan. Bisa jadi hal ini (keringnya vagina) terjadi karena sebenarnya Anda sendiri belum cukup terangsang untuk melakukan penetrasi, masuknya penis ke dalam vagina. Karena pada dasarnya, wanita akan secara otomatis memproduksi cairan pelumas alami jika tubuh menerima rangsangan seksual yang cukup membuat bergairah untuk melakukan hubungan intim. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here