Komplikasi dan Cara Mencegah Kista Bartholin

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kista Bartholin adalah benjolan abnormal pada salah satu atau kedua sisi dinding alat vital wanita akibat dari terbentuknya kista pada kelenjar bartholin. Kelenjar bartholinadalah struktur normal yang terletak pada setiap sisi dinding vagina yang berfungsi mensekresi cairan untuk membantu pelumasan saat berhubungan intim. Kista dapat terbentuk jika saluran keluar kelenjar bartholin tersumbat, sehingga mengakibatkan cairan yang dihasilkan akan terkumpul di dalam kelenjar bartholin sehingga membentuk rongga berisi cairan yang disebut dengan kista.

Hal tersebut membuat kelenjar akan membesar, meski jarang menimbulkan rasa sakit. Yang perlu diwaspadai adalah kondisi ini bisa dibarengi infeksi bakteri di dalam kista. Apabila ini terjadi, cairan akan berubah menjadi nanah dan timbul peradangan yang dapat menimbulkan rasa sakit di area vagina dan demam. Lebih lanjut, kondisi seperti ini disebut sebagai abses atau kista  bartholin. Meski abses bartholin bisa terjadi pada ke dua sisi, namun biasanya terjadi hanya pada salah satu sisi lubang vagina.

Baik kista atau pun abses bartholin keduanya merupakan penyakit yang sering dialami oleh kaum wanita. Pengobatan kista Bartholin tergantung pada ukuran kista, tingkat rasa sakit dan apakah kista terinfeksi dengan bakteri. Perawatan sederhana yang dilakukan di rumah terkadang sudah bisa menyembuhkan kista. Akan tetapi, pada beberapa kasus, diperlukan penyayatan untuk mengeluarkan nanah atau abses dengan cara bedah kecil. Jika ada infeksi di dalam kista, maka diperlukan antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab infeksi.

Komplikasi Kista Bartholin

Penderita kista ini tidak akan merasakan rasa sakit atau gejala apapun ketika kista bartholin masih berkuran kecil dan tidak terinfeksi, sehingga penderita tidak akan menyadari bahwa dirinya menderita kista. Tetapi, apabila kista berkembang semakin besar mungkin Anda akan merasakan adanya benjolan atau tonjolan di dekat lubang vagina. Meskipun penyakit kista biasanya tidak menimbulkan rasa sakit bagi penderita, namun bisa saja menimbulkan ketidaknyamanan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Komplikasi atau tanda-tanda anda menderita kista bartholin adalah sebagai berikut.

  • Timbulnya rasa nyeri atau ketidaknyamanan pada saat berjalan atau duduk.
  • Mengalami demam atau kenaikan suhu tubuh.
  • Adanya benjolan yang menyakitkan di area vagina.
  • Nyeri selama melakukan hubungan seks dengan pasangan.

Di samping itu ada  banyak  faktor  resiko yang  dapat  meningkatkan  seorang wanita terkena penyakit ini, yakni Wanita hamil, penyandang diabetes melitus dan wanita yang memiliki infeksi menular seksual  atau  sering melakukan  hubungan seksual yang tidak aman.

Pencegahan

Sampai saat ini belum ada cara yang efektif untuk mencegah kista Bartholin. Akan tetapi, melakukan hubungan seksual yang aman, seperti menggunakan kondom dan menjaga kebersihan daerah kewanitaan dapat membantu mencegah infeksi kista dan pembentukan abses.(AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here