Cara Kencangkan Kulit Pasca Berat Badan Turun Drastis

0
4
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketika berhasil menurunkan berat badan, tentunya kita senang bukan kepalang. Tapi, penurunan berat badan, terlebih yang terjadi secara drastis, dapat membuat kulit mengendur atau bergelambir. Ini tentunya mengganggu penampilan. Kulit yang kendur sendiri tidak mungkin kembali ke bentuk aslinya secara instan tanpa operasi. Namun, operasi juga tak selalu menjamin kulit sekencang sedia kala. Mengencangkan kulit secara alami pasca penurunan berat badan sebetulnya tidaklah sulit. Kuncinya adalah kesabaran dan konsistensi.

Berikut adalah beberapa cara penting untuk mengembalikan kekencangan kulit secara alami pasca berat badan turun drastis:

  • Makan sehat

Lapisan terdalam kulit dibentuk oleh protein, terutama kolagen dan elastin. Kedua komponen tersebut merupakan salah satu kunci penting untuk terciptanya kulit kencang dan sehat. Kelancaran produksi kolagen dan elastin harus didukung oleh asupan makanan sehat, terutama makanan yang mengandung protein, vitamin C, dan asam lemak omega-3. Pastikan selalu ada buah-buahan dan sayuran dalam menu makan harian Anda. Kacang-kacangan, lentil dan ikan berlemak juga baik untuk mempromosikan kulit sehat.

  • Minum cukup air putih

Minum cukup air putih setiap hari tak hanya membuat kulit lebih halus, tapi juga kencang dan bercahaya. Hidrasi kulit yang baik merupakan salah satu kunci penting agar kulit terjaga elastisitasnya. Jadi, pastikan untuk minum air putih 8-12 gelas per hari dan kurangi konsumsi minuman ringan yang tinggi gula dan pengawet.

  • Latihan beban

Saat kehilangan lemak, tubuh juga kehilangan otot. Karenanya, Anda perlu membangun kembali otot-otot dengan rutin latihan beban. Latihan beban memperkuat otot dengan menciptakan lapisan otot di bawah kulit sehingga kulit pun akan menjadi lebih kencang. Disarankan untuk melakukan latihan beban tiga kali per minggu untuk mendapatkan kekencangan otot dan kulit yang optimal.

  • Jaga kelembaban kulit

Kulit yang kendur penting untuk selalu dijaga kelembabannya guna memungkinkan sel kulit baru tumbuh secara optimal. Gunakanlah lotion dan pelembab bervitamin E atau kolagen yang dapat membantu merangsang regenerasi kulit. Jika ingin yang alami, Anda bisa memilih virgin coconut oil. Bahan ini selain melembabkan juga memiliki khasiat antibakteri dan bersifat menenangkan.

  • Hindari sinar matahari berlebihan

Paparan sinar matahari berlebihan dapat semakin memperburuk kekenduran kulit serta mengeringkan kulit dan merusak sel kulit pada saat yang bersamaan. Karenanya, penting untuk mengaplikasikan tabir surya sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan. Kenakan juga pakaian panjang, kacamata, atau bahkan payung untuk perlindungan maksimal. (RFZ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY