Kiat Pakai Parfum Agar Wanginya Tahan Lama

0
8
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat ini, parfum bisa dikatakan sebagai bagian yang menyempurnakan penampilan terutama bagi mereka yang memiliki masalah bau badan. Tak hanya wanita, bahkan banyak pula pria yang tak percaya diri di depan umum jika tidak memakai parfum. Akan tetapi, masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat memakai parfum dan belum tahu bagaimana cara tepat memakai parfum agar wanginya tahan lama. Banyak orang memakai parfum dengan menyemprotkannya sembarangan dan dalam jumlah banyak. Cara pakai parfum tersebut ternyata kurang tepat karena hanya membuat parfum Anda terbuang sia-sia dan wanginya pun tidak tahan lama.

Menurut para ahli parfum, wangi parfum akan lebih awet jika disemprotkan pada titik-titik nadi tubuh. Mengapa? Ini karena nadi adalah pembuluh darah yang dekat dengan permukaan kulit yang mengeluarkan panas. Suhu panas ini akan membantu menyebarkan aroma parfum lebih optimal. Itulah mengapa nadi di pergelangan tangan adalah titik yang tepat untuk menyemprotkan parfum. Begitu juga dengan titik-titik nadi lainya, seperti leher, siku, belakang telinga, dan bagian dada karena letaknya dekat ke detak jantung dan aliran darah yang merupakan sumber panas tubuh.

Kebanyakan orang menyemprotkan parfum ke baju atau celana. Hal itu hanya akan membuat wanginya cepat hilang. Pasalnya, menggosokkan kedua pergelangan tangan sesudah disemprot parfum tidak akan meningkatkan kemampuan kulit menyerap wangi. Justru hal itu memicu panas yang berlebihan dan mengakibatkan parfum lebih cepat menguap sehingga wanginya tidak dapat bertahan lama.

Selain itu, penting pula untuk diingat bahwa parfum tidak akan menempel dengan baik pada kulit yang kondisinya kering. Jika ingin aroma parfum tahan lama, sebaiknya lembabkan kulit terlebih dahulu sebelum Anda menyemprotkan parfum. Kulit yang lembab akan menangkap wangi parfum dengan lebih efektif.

Parfum juga sebaiknya tak disemprotkan dari jarak dekat. Atur jarak semprot sekitar 15-25 sentimeter. Ini dapat membuat penyebaran parfum menjadi lebih luas dan merata, serta wanginya pun tidak akan berlebihan.

Hal lain yang tak kalah penting adalah memerhatikan tempat penyimpanan parfum agar kualitasnya terjaga. Pasalnya, molekul-molekul dalam parfum bisa saja menguap dan aromanya berkurang jika Anda menaruh botol parfum di tempat yang terpapar langsung sinar matahari atau dekat benda-benda berbau tajam. Sebaiknya siapkan tempat khusus, seperti lemari kaca yang sejuk, untuk menyimpan koleksi parfum agar kualitasnya awet. (RFZ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY