Cara Memanaskan ASI Perah yang Baik dan Benar

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak ibu-ibu muda yang masih belum mengerti bagaimana caranya memanaskan ASI perah yang baik dan benar. Terutama ibu-ibu yang juga bekerja dan anaknya diasuh oleh pengasuh. Ibu harus mengajarkan kepada para pengasuh bagaimana memerah ASI yang baik dan benar agar tidak beresiko bagi bayi.

Proses Menyimpan ASI Perah

ASI dapat dipanaskan menggunakan air yang mengalir. Caranya ialah sebagai berikut:

  1. Taruh ASI beku di bawah aliran air dingin. Usahakan air yang mengalir suhunya lebih dingin dari suhu ruangan. Air dingin sangat dianjurkan untuk menghangatkan air susu karena lebih efektif. Jika langsung menggunakan titik panas, maka bagian luar akan muncul titik panas tapi pada bagian dalam tetap beku. Aliri air dingin hingga ASI benar-benar sudah cair.
  2. Tingkatkan suhu air yang mengalir secara bertahap. Tingkatkan suhu air secara bertahap apabila ASI sudah cair.
  3. Tingkatkan suhu air yang mengalir sama dengan suhu ruangan. Kemudian tingkatkan ke air yang hangat, dan kemudian air panas. Intinya tingkatkan suhu air secara bertahap agar tidak menghancurkan banyak enzim di dalam ASI. Tingkat kepanasan ASI juga bisa lebih merata.
  4. Segera hentikan proses penguapan air jika dirasa aliran air sudah mulai menguap. Sebab air yang menguap bisa membuat mulut bayi terbakar karena mulut bayi sangat sensitif.
  5. ASI dingin aman untuk diminum bayi, tapi jika bayi rewel, lebih baik ASI dihangatkan lebih dahulu.6.
  6. Cara menghangatkan ASI dingin bisa digunakan menggunakan air hangat.
  7. Penghangatan ASI dilakukan dengan mengatur tingkat suhu air dengan cara bertahap dari hangat ke panas.
  8. Aduk wadah ASI secara perlahan sampai ASI teraduk rata.

Cara menghangatkan ASI perah juga bisa dilakukan dengan cara merendam ke dalam air hangat. Cara yang perlu dilakukan ialah sebagai berikut:

  • Panaskan panci yang sudah berisi air. Panaskan di atas kompor dengan api sedang. Apabila air sudah mulai menguap, maka angkat panci dari atas kompor.
  • Angkat panci, taruh wadah ASI ke dalam panci. Taruh botol berisi ASI dan aduklah di dalam air panas hingga ASI menghangat.
  • Usahakan jangan sampai botol menyentuh dasar panci agar botol tetap aman.
  • Cara penghangatan ASI ini bisa dilakukan untuk kondisi ASI yang beku atau dingin. Waktu yang dibutuhkan juga hanya beberapa menit saja.
  • Pastikan suhu air yang digunakan untuk merendam air itu suhu merata. Aduklah botol atau pun wadah yang berisi ASI dengan suhu yang rata.
  • Aduklah susu menggunakan sendok untuk meratakan tingkat kehangatan susu.

Demikian informasi mengenai cara memanaskan ASI. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here