Cara Mengatasi Alergi pada Remaja

0
5
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Alergi adalah reaksi yang muncul pada tubuh khususnya pada sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh tersebut bereaksi terhadap suatu zat yang sebenarnya tidak berbahaya bagi tubuh namun sistem kekebalan tubuh mengangap bahwa zat tersebut berbahaya. Alergi itu bermacam-macam seperti alergi makanan, alergi dingin atau bahkan alergi terhadap bahan-bahan yang terkandung dalam sebuah kosmetik.

Karena sistem kekebalan tubuh yang terkena maka semua orang juga memiliki kemungkinan memiliki alergi terhadap sesuatu termasuk remaja. Walaupun ada orang yang sebenarnya sama sekali tidak memiliki alergi terhadap zat apapun.

Hal yang tidak nyaman ketika anda terkena alergi adalah rasa gatal yang sangat amat gatal dan juga biasanya disertai munculnya bintik-bintik merah pada beberapa bagian tubuh. Oleh karena itu harus segera ditangani agar anda bisa mendapatkan keamanan.

Saat seorang remaja terkena alergi atau alerginya kumat maka berikut cara mengatasinya:

Periksa ke dokter

Jika anda sudah merasakan tanda-tanda alergi muncul pada tubuh. Sebaiknya segera pergi ke dokter. Konsultasikan gejala alergi yang anda rasakan. Sehingga dokter akan segera membantu mengatasi alergi yang anda rasakan. Biasanya dokter akan meresepkan sebuah obat alergi baik dalam bentuk pil atau tablet dan krim atau salep untuk terapi alergi yang anda rasakan.

Obati alergi anda dengan bahan alami

Jika anda merasa alergi yang dirasa belum terlalu berat atau tidak perlu ditangani dokter segera. Maka anda dapat mengatasi alergi tersebut dengan bahan alami atau cara alami. Berikut beberapa cara alami yang bisa anda lakukan untuk mengatasi alergi:

  1. Daun salam

Selain bisa digunakan sebagai bahan bumbu masakan, daun salam juga dapat untuk mengatasi alergi yang anda rasakan. Cukup siapkan beberapa lembar daun salam, lalu cuci daun salam dan kemudian lumatkan. Setelah itu tempel pada bagian yang terkena alergi, lakukan stiap saat jika alergi menyerang, sebaiknya ganti 2 hingga 3 kali sehari

  1. Daun biduri dan Minyak kelapa

Cara menggunakan daun biduri dan minyak kelapa untuk mengatasi alergi yaitu oleskan minyak kelapa pada daun biduri. Lalu tempelkan pada bagian alergi yang sebelumnya sudah dibersihkan kulit di area alergi tersebut.

  1. Daun Mahkota Dewa

Buah mahkota dewa ampuh untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan ternyata daunya juga bermanfaat untuk mengatasi aergi. Caranya yaitu gunakan beberapa lembar daun mahkota dewa yang sudah dicuci lalu giling sampai halus. Kemudian balutkan pada area yang terkena alergi

  1. Kulit batang Kamboja

Untuk kulit batang kamboja penggunaanya sama dengan daun mahkota dewa. Cukup haluskan kulit batang kamboja dan balurkan pada kulit yang alergi. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY