Tips Mencuci Baju Bayi Dengan Aman

0
6
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Saat menyenangkan ketika anda sudah mempunyai bayi salah satunya adalah ketika hendak membeli baju untuk anak. Baju untuk bayi memang lucu dengan berbagai pilihan warna dan model. Namun, untuk membeli pakaian baju anda harus berhati-hati dikarenakan tidak semua bahan baju aman digunakan untuk bayi karena kulitnya yang mudah sekali sensitif terhadap sesuatu.

Jika sudah membeli dan memakaikannya pada anak maka baju menjadi kotor. Dan saat itulah anda sebagai seorang ibu harus merawat baju bayinya dengan mencuci agar bisa dipakai lagi oleh anak.

Seperti halnya membeli baju. Saat mencuci baju juga harus hati-hati, pastikan cara mencuci anda baik dan aman. Sebenarnya untuk perlunya berhati-hati saat mencuci baju bayi sudah kita ketahui saat membeli baju bayi. Terdapat label di baju bayi yang memuat saran pencucian baju bayi. Kita mesti memperhatikan cara mencuci baju bayi yang disarankan tersebut.

Untuk memastikan baju bayi yang anda cuci aman, berikut tips cara mencuci baju bayi dengan aman:

  1. Pilah atau pisahkan baju yang kotor

Sebelum merendamnya dengan deterjen, sebaiknya pisahkan pakaian, popok dan celana yang ada sisa kotoran dengan yang hanya sekedar kotor. Bersihkan yang ada kotoran menggunakan air mengalir. Dengan itu baju yang sekedar kotor tidak ikut tercampur atau menjadi kotor seperti yang lainnya.

  1. Gunakan deterjen khusus untuk pakaian bayi

Setelah kotoran dihilangkan, cucilah seluruh pakaian dengan menggunakan detergen khusus untuk pakaian bayi. Detergen yang dimaksud biasanya terdapat label yang menunjukkan bahwa detergen tersebut aman untuk pakaian bayi atau ramah lingkungan.

  1. Kucek Perlahan

Agar baju bayi tidak mudah rusak maka saat mencucikucek perlahan baju tersebut. Karena baju bayi biasanya terbuat dari kain yang lembut. Jika anda mengucek asal-asalan maka baju menjadi kasar. Baju kasar mudah melukai kulit bayi.

  1. Bilas Sampai Bersih

Setelah merendamnya pada detergen. Selanjutnya bilas baju dengan air untuk menghilangkan busa dan sisa detergen pada baju. Ulangi beberapa kali hingga baju terbilas bersih dan detergen benar-benar hilang.

  1. Berilah Pelembut Khusus Baju Bayi

Supaya baju harum dan lembut. Rendam baju dalam pelembut khusus bayi beberapa menit. Sehingga baju bayi wangi. Hindari penggunaan pewangi karena dapat memunculkan reaksi alergi pada kulit bayi.

  1. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Setelah merendam baju pada pelembut. Kemudian jemur baju di bawah sinar matahari. Dengan menjemur baju di bawah sinar matahari dapat membunuh kuman yang tersiisa pada baju bayi.

  1. Setrika dengan Suhu yang Sesuai

Jika anda ingin baju bayi nampak rapi saat dipakai maka setrika baju tersebut. Saat menyetrika sebaiknya gunakan suhu yang sesuai seperti yang tertera pada label baju bayi. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY