Cara Mengatasi Ketombe pada Rambut Pria

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masalah ketombe tidak hanya dialami oleh wanita. Pria pun bisa mengalami hal serupa. Cara mengatasi ketombe pada pria pun sedikit berbeda dengan wanita karena karakteristik rambut yang berbeda pula.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi ketombe pada pria:

  • Cobalah pengobatan alami

Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menjaga rambut tetap cemerlang dan bebas ketombe. Pengobatan alami bisa sangat efektif bila digunakan bersama dengan shampo anti ketombe biasa, misalnya menggunakan minyak kelapa. Pijatkan sedikit minyak kelapa ke kulit kepala satu jam sebelum mencuci rambut. Bahan anti jamur alami dan vitamin E dari minyak kelapa akan membantu membersihkan, melembapkan, dan menghidrasi kulit kepala. Cara lainnya adalah menggunakan jeruk nipis dan susu. Peras jeruk nipis dan campurkan dengan semangkuk susu. Usapkan pada rambut Anda dan biarkan selama setengah jam. Kemudian bilas dengan shampo anti ketombe yang ringan.

  • Gunakan shampo yang tepat

Langkah berikutnya untuk menghilangkan ketombe pada pria adalah memilih shampo yang tepat. Kulit kepala pria sebenarnya 50% lebih berminyak daripada kulit kepala wanita sehingga lebih mudah terkena efek dari ketombe. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari shampo yang dibuat khusus untuk merawat rambut pria dan mengatasi peningkatan sebum berlebih di kulit kepala.

  • Cuci rambut dengan cara yang tepat

Setelah Anda mengetahui shampo anti ketombe yang terbaik untuk Anda, langkah berikutnya adalah memastikan Anda menggunakannya dengan benar. Selalu cuci rambut dengan air hangat dan bukan air panas. Air yang terlalu panas dapat membuat kulit kepala kering dan membuatnya rentan rusak dan patah.

  • Hindari menggaruk kapala

Jangan sekali-kali menggaruk atau menggosok kulit kepala saat mencuci rambut karena cara ini juga dapat merusak kulit dan menyebabkan iritasi dan infeksi. Selalu pijatkan shampo ke kulit kepala dan biarkan shampo bekerja perlahan hingga ke akarnya karena cara ini memberikan manfaat maksimal bagi rambut.

  • Hindari menata rambut secara berlebihan

Gel dan minyak rambut adalah cara yang baik membentuk rambut Anda. Tetapi, hematlah dalam menggunakannya. Minyak rambut tentunya jika digunakan setiap hari atau secara berlebihan akan menimbulkan efek samping, seperti kerontokan dan muncul ketombe. Hindari styling gel yang mengandung alkohol, terutama jika Anda memiliki ketombe karena kandungannya dapat mengeringkan kulit kepala dan meningkatkan serpihan ketombe. Jika Anda sering menata rambut, selalu bersihkan kulit kepala dan rambut secara menyeluruh dengan shampo yang efektif menghilangkan kotoran atau sisa gel rambut yang berpotensi menyumbat pori-pori kulit kepala dan menyebabkan ketombe. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here