Cara Mengatasi Nyeri Bahu Saat Bekerja

SehatFresh.com – Nyeri pada bahu merupakan momok paling dihindari oleh para pekerja. Penyebab umumnya adalah radang otot dan tendon yang mengitari sendi bahu. Ini bisa berlanjut jika Anda memaksa bahu selama bekerja. Gangguan sendi akibat osteartitis juga dapat menyebabkan nyeri bahu.

Gejala yang ditimbulkan biasanya menunjukkan gejala sakit. Rasa sakit ini bisa memburuk pada awal perjalanan penyakit dan saat Anda menggerakkan lengan. Umumnya  rasa sakit akan terasa di atas daerah bahu luar dan terkadang sampai ke lengan atas. Penyebab nyeri dapat bersumber dari urat otot, sendi tulang atau saraf. Pemicu nyeri juga bisa akibat asam urat yang tinggi, sehingga perlu dipastikan penyebabnya agar mendapatkan pengobatan akurat.

Anda dapat melakukan beberapa hal untuk mengurangi nyeri dan membantu bahu bergerak normal diantaranya.

  1. Gunakan penghilang nyeri, atau gosok dengan salep.
  2. Bubuhkan kantong es (seperti kantong kacang polong beku atau es yang dibungkus handuk basah). Tekan selama 10 menit. Bubuhkan kembali dua sampai tiga kali selama dua hari pertama.
  3. Pijat dengan krem atau gel gosok di daerah yang nyeri untuk mengurangi sakit sementara (krem yang atau gel dengan rasa hangat).
  4. Istirahtkan bahu selama beberapa hari, tetapi tetap perlahan mengangkat bahu dari waktu ke waktu. Jika tidak, ini akan semakin kaku dan nyeri. Saat nyerinya berkurang, caba latihlah bahu Anda.
  5. Saat malam, berbaring pada sisi yang tak nyeri dan peluk bantal dengan lengan lainnya untuk menyokong. Jika Anda berbaring terlentang, sokong tangan Anda dengan sebuah bantal.
  6. Yakinkan ketiak di sisi yang nyeri tetap bersih dan kering untuk menghindari luka.

Lakukan latihan di bawah ini sekali sehari untuk memperbaiki fleksibilitas. Anda dapat melakukannya di bawah pancuran air hangat, bertahap tambah jangkauan gerakan saat nyerinya berkurang.

  • Letakkan tangan di sisi tubuh dan angkat, berhenti jika terasa tak nyaman. Perlahan jatuhkan kembali kesisi tubuh. Ulangi lima kali.
  • Taruh tangan Anda di depan dan angkat hingga terasa nyeri. Perlahan turunkan kembali ke sisi tubuh Anda. Ulangi lima kali.

Jika bahu semakin sakit dan gejala tidak membaik setelah dua sampai tiga hari, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Sumber gambar : www.sehatfresh.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY