Cara Mengecilkan Pori-pori Ketiak

0
3
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menjaga kebersihan dan kecantikan bukan hanya pada anggota tubuh yang tampak, tetapi bagian dalam juga perlu diperhatikan. Salah satunya adalah ketiak. Masalah yang kerap timbul pada ketiak adalah terlihat lebih gelap daripada anggota-anggota tubuh lainnya.

Warna yang lebih gelap ini timbul akibat pori-pori kulit yang membesar. Namun, jangan terlalu gelisah. Ada berbagai cara untuk mengatasinya.

  • Scrub gula dan lemon

Ambil dua sendok teh gula dan air perasan lemon (satu lemon). Lalu, campurkan. Aplikasikan campuran ini ke ketiak dan biarkan selama 10 menit. Ketika sudah kering, gosok perlahan ketiak Anda selama sekitar dua menit, lalu bilas dengan air. Metode ini akan mengangkat tumpukan sel kulit mati dan bakteri di kulit. Tak hanya itu, gosokan-gosokan lembut yang Anda lakukan juga bisa menjadi ‘amplas’ untuk menghaluskan permukaan kulit yang kasar.

  • Kentang

Ambil seiris kentang, rendam dalam air selama dua menit. Kemudian, angkat dan gosokkan irisan kentang ini ke ketiak. Kentang mengandung bahan alami untuk menghaluskan dan memutihkan kulit.

  • Kulit jeruk dan yoghurt tawar

Campurkan dua sendok makan yoghurt tawar dan beberapa kulit jeruk yang sudah Anda tumbuk. Aplikasikan campuran ini ke ketiak dan biarkan mengering selama 15 menit. Setelah kering, bilas ketiak dengan air dingin dan gunakan pelembab untuk mencegah kulit kering. Cara ini akan membuat ketiak lembut dan halus.

  • Lidah buaya

Ambil satu potong tanaman lidah buaya dan ambil jel-nya. Gunakan jel tersebut untuk memijat ketiak dalam gerakan melingkar selama sekitar dua menit. Kemudian, bilas dengan air. Lidah buaya akan menghaluskan kulit sekaligus mengatasi kulit hitam.

  • Minyak kelapa

Sebelum mandi, oleskan minyak kelapa ke seluruh tubuh dan biarkan selama 10 menit. Minyak kelapa mengandung vitamin E yang bisa merawat kulit kasar, kering, dan bermasalah sekaligus membuatnya jadi lebih elastis dan lembut.

  • Mentimun

Ambil seiris mentimun dan gosokkan ke ketiak selama kurang lebih dua menit. Lalu, biarkan kering selama 5–10 menit. Setelah itu, bilas dengan air. Mentimun akan menghidrasi kulit sehingga tidak kering dan tentunya jadi lebih halus juga.

  • Bubuk soda kue

Baking soda atau soda kue merupakan bahan alami yang lebih praktis jika Anda kurang menyukai bahan di atas. Baking soda ampuh mengatasi warna gelap pada ketiak dan membunuh jamur penyebab bau badan.

  • Hindari paparan kimia

Penyebab kulit ketiak menjadi gelap karena adanya perubahan kulit, seperti kulit kering, dan iritasi. Perubahan kulit bisa dikarenakan pemakaian produk-produk ketiak, seperti deodoran dan krim perontok bulu yang sudah terkontaminasi dengan bahan kimia. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY