Resep dan Cara Membuat Susu Murni Kedelai Sendiri

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak dipungkiri jika susu kedelai cukup terkenal di Indonesia sebagai minuman yang menyehatkan tubuh. Susu kedelai terbuat dari kacang kedelai yang memiliki rasa khas, berbeda dengan susu sapi atau kambing. Lantas bagaimana cara membuat susu kedelai sendiri?

Kenali dulu manfaat susu kedelai?

  1. Susu kedelai sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Tidak dipungkiri jika penyakit jantung merupakan momok yang cukup menakutkan bagi manusia. Satu cangkir susu kedelai yang memiliki kandungan sekitar 3.6 g lemak, 6.3 g protein, 104 kalori, dan 0,5 g lemak jenuh rupanya sangat cocok untuk kesehatan jantung.
  2. Susu kedelai sangat bermanfaat dalam mencegah tekanan darah tinggi. Kandungan seimbang dalam susu kedelai antara lemak jenuh dan tak jenuh menjadi komponen yang bisa mengatur keseimbangan tekanan darah. Selain itu kandungan magnesium pada susu kedelai juga dapat meminimalisir tekanan darah tinggi.
  3. Susu kedelai sangat bermanfaat untuk mengontrol kolesterol. Rupanya antioksidan dalam isoflavon pada kedelai dapat menaikkan kadar HDL yang bermanfaat bagi jantung. Di satu sisi lesitin dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat), sehingga meningkatkan kekebalan tubuh.
  4. Susu kedelai sangat bermanfaat untuk mengurangi diabetes. Seperti yang diketahui jika protein nabati yang terdapat pada susu kedelai lebih mudah diolah oleh ginjal bagi penderita diabetes. Susu kedelai juga memiliki kandungan magnesium dan vitamin D yang bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2.
  5. Susu kedelai sangat bermanfaat untuk mengatasi osteoporosis. Osteoporosis adalah penyakit yang diakibatkan bertambahnya usia serta kekurangan hormon. Di satu sisi fitoestrogen di dalam kedelai mampu membantu dalam penyerapan kalsium oleh tubuh, sekaligus mencegah hilangnya massa tulang penyebab osteoporosis.

Resep bahan dan cara membuat susu kedelai

Membuat susu dari kacang kedelai tidaklah sulit, karena proses pembuatannya sederhana. Bahan utamanya adalah kacang kedelai dan air yang kadarnya disesuaikan dengan kekentalan yang diinginkan. Penambahan bahan-bahan lain seperti daun pandan, vanili, dan gula umumnya digunakan sebagai pelengkap rasa.

Untuk menambah khasiat atau menghasilkan rasa yang bervariasi, bisa juga juga ditambah berbagai bahan lain. Misalnya jahe, serai, cengkih, bubuk cokelat, atau kayu manis. Untuk lebih lengkap, berikut ini adalah resep susu kedelai yang sederhana.

Bahan:

  • Siapkan 250 gram kacang kedelai yang sudah dicuci bersih.
  • Siapkan 1,5 liter air bersih.
  • Siapkan 150 gram gula pasir.
  • Siapkan 3 lembar daun pandan, kemudian diikat.
  • Siapkan 3 lembar daun jeruk.

Cara membuat:

  • Pertama rendamlah kedelai di dalam air hangat semalaman. Setelah kedelai mekar, kemudian cuci bersih dan buang kulit arinya.
  • Blender kacang kedelai yang sudah direndam tadi dengan air sampai benar-banr halus, kemudian disaring.
  • Kacang kedelai yang sudah disaring kemudian direbus dengan api sedang.
  • Perlahan-lahan campur racikan tersebut dengan gula, daun jeruk, dan pandan.
  • Aduk-aduk racikan tersebut hingga mendidih, namun jangan sampai meluap.

Setelah racikan susu kedelai dingin, saring terlebih dahulu sebelum dihidangkan. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here