Cara Mengonsumsi Buah yang Baik Untuk Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah-buahan secara teratur. Buah-buahan adalah salah satu alat detoksifikasi serta penyedia gula yang alami bagi tubuh. Mengapa demikian? Karena buah kaya akan vitamin, serat dan mineral yang bisa membantu sistem pencernaan dan membersihkan racun-racun yang ada di dalam tubuh .

Mengkonsumsi buah setiap hari tentu akan membuat tubuh kita sehat. Tetapi, anda harus mengetahui ada waktu terbaik mengkonsumsi buah. Idealnya, konsumsilah buah 30 menit sebelum waktu makan. Hal ini harus dipertimbangkan karena buah mengandung banyak gula, sehingga tubuh membutuhkan waktu lebih untuk mencernanya.

  1. Makan Buah Sebelum Berolahraga

Disarankan untuk anda mengkonsumsi buah sebelum berolahraga. Karena buah akan menjadi suntikan nutrisi yang sangat baik dan meningkatkan energi tanpa membuat kamu merasa mual dan kenyang.

  1. Waktu Mengkonsumsi Buah yang Tepat

Buah dikonsumsi tiga puluh menit sebelum makan. Namun jika Anda ingin memakan buah setelah makan, maka Anda harus menunggu setelah tiga jam, yaitu setelah makanan tercerna dengan baik di dalam tubuh.

  1. Makan Buah Sebelum Makan Pagi

Mengkonsumsi buah dipagi hari membantu meningkatkan gula darah secara perlahan. Makan buah-buahan yang sehat setiap pagi pada saat perut kosong atau sebelum sarapan, akan membantu tubuh untuk menyerap semua nutrisi penting yang diperlukan yang ditemukan dalam buah-buahan.

  1. Tidak Mengkonsumsi Buah Bersamaan dengan Makanan Lain

Hindari memakan buah-buahan sebagai lauk atau bersamaan dengan makanan. Demikian juga, makan buah sebagai pencuci mulut tidak akan memberikan hasil terbaik bagi tubuh

  1. Tidak Mengkonsumsi Buah yang Tidak Segar

Buah yang tidak segar adalah buah kalengan yang diawetkan, buah beku, atau buah yang telah diproses yang tinggi akan kandungan gula, pengawet, atau bahan kimia tambahan sehingga berpotensi membahayakan tubuh manusia.

  1. Makan Buah Dalam Keadaan Perut Kosong

Makan buah dalam keadaan perut kosong akan membuat penyerapan buah oleh tubuh menjadi maksimal. Hal ini sangat memungkinkan buah tersebut akan berubah menjadi detoks yang efektif untuk tubuh dan semua nutrisi yang dikandung buah dapat terserap dengan sangat maksimal.

Selain itu, menurut Dr M. Suwardi, “Buah yang masih mentah atau mangkal biasanya berasa asam, kecut, atau pahit. Maka dari itu, ada baiknya memilih buah yang matang di pohon, karena kadar fruktosanya sempurna”.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here