Cara Meningkatkan Hormon Serotonin (Hormon Menghilangkan Depresi)

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hormon Serotonin adalah senyawa kimia yang diyakini dapat berfungsi untuk menjadi stabilisator atau pengontrol suasana hati. Hormon ini diyakini dapat membantu menghasilkan pola tidur yang sehat dan meningkatkan mood Anda. Sebuah studi menunjukkan bahwa kadar hormon serotonin dapat berdampak pada suasana hati dan perilaku seseorang, keberadaan senyawa ini membuat perasaan seseorang lebih baik dan meningkatkan hidup lebih lama.

Bagi anda yang ingin meningkatkan kadar hormon serotonin secara alami, Anda dapat mendapatkannya melalui makanan yang anda konsumsi.  Beberapa jenis makanan dianggap dapat bekerja dengan berbagai mekanisme sebagai cara meningkatkan hormon serotonin secara alami, berikut ini adalah macam-macam jenis makanan yang dapat meningkatkan hormon serotonin.

Sebagian besar hormon serotonin yang ada di dalam tubuh manusia terletak di sel-sel usus, di mana ia mengatur semua kinerja usus. Peranan hormon serotonin pada otak, disintesis dalam neuron serotonergik, dimana senyawa kimia dari serotonin dapat mengatur suasana hati, nafsu makan, tidur, dan fungsi kognitif seperti daya ingat dan belajar.

Senyawa kimia ini memainkan peran utama dalam mengendalikan depresi, agresi, dan kesehatan mental seseorang secara umum. Banyak peneliti memercayai jika tingkat serotonin wanita lebih rendah dibandingkan pria, wanita memiliki kadar serotonin kurang dibandingkan laki-laki. Hal Inilah yang menjadi alasan mengapa wanita mengalami depresi lebih cepat dibanding pria. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mempertahankan dan meningkatkan bahan kimia ini dalam tubuh. Berikut ini adalah cara untuk meningkatkan hormon serotonin, dimana manfaat terbesarnya adalah untuk mempertahankan kadarnya agar tetap tinggi untuk jangka waktu lama.

Asam amino

Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak Trytophan, yakni asam amino yang terkandung pada makanan kaya protein yang kemudian apabila dikonsumsi akan menjadi serotonin. Ketika tingkat serotonin berada pada tingkat yang tinggi, seseorang merasa optimis dan tingkat kepercayaan dirinya juga naik.

Sebaliknya saat kadar serotonin menurun, orang mulai menginginkan makanan manis. Makanan kaya protein seperti daging, buah pisang, kacang-kacangan, susu, dan lain-lain, mampu membantu Anda mempertahankan tingkat optimal serotonin dalam tubuh.

Jauhi Diet Fad

Diet fad adalah mengurangi mengkonsumsi makanan yang rendah protein, rendah kalori. Para peneliti telah membuktikan jika vitamin dan mineral memiliki efek langsung pada kadar atau tingkat kimia ini (serotonin). Oleh karena itu, penting untuk anda mengikuti keseimbangan diet dengan mengkonsumsi makanan kaya vitamin, protein, dan mineral.

Perbanyak Olahraga

Pasokan oksigen dalam tubuh akan meningkat setelah berolahraga. Oksigen adalah salah satu hal yang sangat penting dibutuhkan dalam pembentukan hormon serotonin. Para peneliti telah membuktikan jika orang-orang yang suka berolahraga, kurang rentan terhadap tingkat kehabisan bahan kimia ini. Oleh sebab itu, berolahraga sedikitnya 20 menit sehari akan bermanfaat untuk menjaga kadar serotonin agar tetap tinggi. Terutama lakukan latihan mengatur napas atau senam pernapasan.

Sinar Matahari

Keberadaan hormon serotonin dalam tubuh dapat meningkat jika anda berada di bawah sinar matahari yang cerah. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi anda yang ingin meningkatkan senyawa kimia ini untuk membuat pola tidur yang baik. Hal in bertujuan agar anda bisa bangun pagi untuk berjalan-jalan menikmati sinar matahari di pagi hari. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here