Macam-macam Gangguan Kesehatan yang Sering Terjadi saat Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kehamilan adalah suatu anugerah dari Tuhan yang sangat di tunggu-tunggu oleh wanita setelah menikah. Ketika Anda hamil, ada banyak perubahan pada tubuh yang akan Anda alami seperti kenaikan berat badan, peningkatan tekanan darah, rasa nyeri atau kram pada bagian tertentu tubuh anda. Itu adalah hal-hal yang wajar Anda alami selama masa kehamilan.

Nah, berikut ini ada 12 macam gangguan kesehatan yang sering terjadi saat hamil:

  1. Mual atau Mulas

Perubahan hormon dan seiring berkembangan janin dalam kandungan merupakan penyebab utama masalah kesehatan selama kehamilan, biasanya rasa mulas atau mual disertai rasa ingin muntah. Jika terlalu parah, lebih baik anda konsultasikan kepada dokter.

Pada tiga bulan pertama masa kehamilan, Anda akan mengalami morning sickness, seperti muntah, atau suasana hati yang berantakan, namun tak usah khawatir, biasanya hal ini hanya Anda rasakan pada tiga bulan pertama masa kehamilan.

  1. Sakit punggung

Seiring perkembangan janin dalam perut anda, secara otomatis tubuh Anda akan meregang. Hal ini menimbulkan ketegangan dan tekanan di punggung bawah dan bagian panggul.

  1. Puting mengeluarkan cairan

Saat akan memasuki masa kelahiran atau trimester ketiga kehamilan, secara otomatis payudara Anda akan mulai menyiapkan diri untuk menyusui. Pada masa ini kadang-kadang Anda akan merasa puting payudara Anda basah.

  1. Pendarahan

Pada sebagian wanita, ada yang mengalami beberapa kali mimisan, dan masalah kesehatan mulut selama masa kehamilannya. Selain itu, pada bulan awal kehamilan vagina juga akan mengalami pendarahan. Perlu diwaspadai, untuk kasus ini lebih baik Anda konsultasikan kepada dokter kepercayaan anda.

  1. Keputihan

Tingkat keputihan pada area kewanitaaan Anda akan meningkat. Hal ini disebabkan karena kondisi dinding vagina akan menjadi lebih lentur, sehingga produksi lendir meningkat.

  1. Sering buang air kecil

Karena kandung kemih Anda terdorong oleh janin yang semakin bertumbuh, sehingga kapasitas kandung kemih wanita hamil jadi berkurang.

  1. Kram

Pada saat hamil, kram merupakan masalah paling umum yang diderita oleh wanita. Anda akan lebih sering merasakan kram pada otot perut, betis dan kaki. Biasanya kram terjadi pada malam hari.

  1. Kurang tidur

Selama kehamilan, jumlah hormon akan semakin meningkat. Hal ini yang menyebabkan Anda lebih sering terjaga. Rasa sakit yang Anda rasakan menyebabkan Anda semakin sulit untuk tidur.

  1. Masalah kulit dan rambut

Masalah seperti kulit kering, stretch mark,dan rambut rontok merupakan beberapa masalah kulit dan rambut yang akan Anda alami selama kehamilan.

  1. Sembelit

Perubahan hormon pada tubuh saat masa kehamilan akan menyebabkan sembelit. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa mengkonsumsi makanan dengan kadar air dan serat yang tinggi. (AGT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here