Cara Mudah Melatih Anak untuk Berpuasa Ramadhan

0
4
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Puasa merupakan salah satu komponen dalam rukun islam yaitu dalam urutan ke empat. Puasa sendiri memiliki hukum wajib yang berarti semua umat yang memeluk agama islam harus menjalankan puasa. Yang tergolong puasa wajib adalah puasa bulan ramadhan selama kurang lebih 30 hari lamanya.

Karena bersifat wajib maka baik orang tua ataupun anak muda yang sudah baligh maka wajib menjalankan puasa ramadhan. Lalu bagaimana dengan anak-anak yang belum baligh? Jika anak anda belum baligh sebenarnya belum di wajibkan untuk berpuasa. Tetapi tidak ada salahnya jika anda ingin melatih anak untuk berpuasa sejak dini.

Melatih anak untuk berpuasa sejak dini merupakan hal yang baik. Ada banyak manfaat yang di dapatkan seperti anak akan lebih cepat mengenal tentang agamanya dan di masa depan ketika bertemu dengan bulan puasa di sudah memiliki kebiasaan baik yang tertanam dalam jiwa.

Namun kadang anda merasa kesulitan dalam melatih anak untuk berpuasa ramadhan. Jangan khawatir, berikut ada beberapa kiat mudah untuk melatih anak agar bisa menjalankan puasa ramadhan :

  1. Beri pengertian tentang ramadhan

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah tanamkan pada anak tentang bulan ramadhan. Ceritakan atau jelaskan pada anak tentang ramadhan, anda bisa menggunakan cerita nabi untuk memberikan pengertian tentang keutamaan dan manfaat apa saja yang bisa di dapatkan ketika kita menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Dengan penjelasan tersebut, anak akan mengerti dan tertarik untuk berlatih menjalankan ibadah puasa serta siap menjalankannya.

  1. Ajarkan puasa secara bertahap

Sebaiknya jangan melatih anak puasa dengan cara memaksa untuk puasa penuh seharian. Ajarkan secara bertahap. Apalagi untuk anak yang baru pertama kali puasa, latih mereka secara berkala dan berikan toleransi. Mungkin ajarkan puasa setengah hari untuk minggu pertama dan minggu selanjutnya latih untuk puasa penuh.

  1. Ajak anak untuk ikut makan sahur

Ajak anak untuk makan sahur agar anak terlatih melakukan makan sahur. Agar anak mau mengikuti makan sahur, sediakan makanan favoritnya yang tentunya jga bergizi.

  1. Alihkan perhatian ketika anak lapar

Ketika anak mulai mengeluh lapar dan minta berbuka, anda bisa mengalihkannya dengan aktivitas lain seperti ajak anak untuk membaca al-quran atau bermain.

  1. Berikan pujian

Jika anak sudah mampu melewati latihan puasa ini. Berilah pujian kepada mereka sehingga anak akan lebih termotivasi dalam menjalankan ibadah puasa ini. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY