Cara Penyimpanan Telur yang Baik

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seiring dengan memberikan kesadaran masyarakat akan nilai gizi protein khususnya untuk menjadi salah satu makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Telur adalah salah satu kebutuhan pokok untuk sebagian besar keluarga. Menjadi salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Tentunya harus anda ketahui bagaimana cara penyimpanan telur yang baik  untuk anda konsumsi. Apakah telur disimpan di lemari es atau tempat terbuka, dengan berbagai alasan, anda pasti tidak akan membeli bahan pokok telur satuan. Biasanya anda para ibu rumah tangga membeli persediaan telur yang banyak untuk persediaan sewaktu-waktu anda membutuhkan atau persediaan untuk beberapa minggu.

Perlu anda ketahui tempat penyimpanan telur yang baik adalah diruangan terbuka, letakan saja telur yang anda beli dalam wadah yang ada di dapur anda dengan suhu kamar. Karena suhu yang terlalu panas juga dapat membuat telur mudah busuk, sedangkan disuhu yang terlalu dingin akan membuat telur tidak segar.

Sebaiknya jangan anda menyimpan telur di pintu lemari es, apalagi kondisi dimana lemari es anda mudah untuk di buka tutup kondisi ini akan membuat suhu lemari es anda tidak stabil dan berubah drastis sehingga mempercepat kerusakan telur. Dalam penyimpanan telur di udara terbuka dengan suhu kamar dapat membuat telur tahan lebih lama sekitar 30 hari, dengan khasiat yang masih terjamin baik untuk anda konsumsi.

Telur yang segar mempunyai kekentalan yang baik, sehingga kuning telur terletak di tengah. Makin lama larutan didalamnya makin encer sehingga kuning telur berkeser ke tepi. Selain itu, kantung udara di bagian ujung membulat telur relatif kecil daripada telur segar, diameternya sekitar 1,5 cm. Kantong udara itu makin lama juga akan membesar. Berdasarkan sifatnya kita harus jelih dalam memilih telur di supermarket atau di pasar, saat memilih telur sebaiknya anda harus menggunakan cara seperti :

  1. Telur yang anda pilih diletakan di depan cahaya dan diteropong isinya dengan diputar-putar
  2. Bila kuning telur bergeser, telur tersebut sudah kurang segar
  3. Bila kuning telur sudah pecah dan bercampur berarti telur sudah rusak
  4. Bisa juga anda lakukan telur di rendam dalam air tawar atau larutan garam 10% (1 sendok teh garam dalam 2 gelas air
  5. Bila telur tergelam mennadakan telur terebut masih segar
  6. Bila sebaliknya telur tersebut terapung berarti kantong udara di ujung telur membesar dan menandakan telur sudah lama
  7. Atau bila telur tersebut melayang dalam larutan diartikan telur tersebut telah rusak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here