Cara yang Benar Memerah ASI Pakai Tangan atau Pompa

0
5
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – ASI ekslusif selama enam bulan pertama kehidupan bayi sangatlah penting. Bahkan para pakar kesehatan menyarankan agar para ibu tetap memberikan ASI hingga bayinya berusia dua tahun. Para ibu bekerja pun tetap bisa memberikan asupan ASI ekslusif dengan cara memberikan ASI perah (ASIP). Tak hanya membantu para ibu yang harus bekerja, memerah ASI juga dapat mencegah penumpukan ASI agar payudara tidak bengkak. Akan tetapi, tak sedikit para ibu baru yang masih bingung bagaimana cara memerah ASI yang benar. Memerah ASI sebetulnya bukan hal yang rumit. Anda bisa menggunakan tangan atau alat pompa ASI yang banyak dijual di pasaran.

Memerah ASI menggunakan tangan

Memerah ASI dengan tangan bukan semata payudara diremas agar air susunya keluar. Hal itu hanya akan memicu memar pada payudara dan air susu yang keluar pun tidak maksimal. Berikut adalah teknik memerah ASI dengan tangan:

  • Cuci tangan dengan sabun dan air hangat.
  • Duduklah dengan posisi bersandar ke depan. Air susu tidak akan keluar maksimal jika Anda memerahnya sambil berdiri atau berbaring.
  • Kompres dan seka perlahan payudara dengan waslap atau handuk kecil hangat sekitar 2 menit.
  • Posisikan ibu jari (di atas puting susu) dan jari lain (di bawah puting susu) sehingga tangan membentuk huruf C. Lakukan gerakan spiral dari dasar payudara dengan ke arah puting susu. Berikan pijatan dengan menekan-nekan payudara secara lembut menggunakan jari-jari tangan, mulai dari dasar payudara, sekitar puting hingga ke seluruh bagian payudara secara bertahap.
  • Sanggalah payudara bagian bawah dengan salah satu tangan. Letakkan ibu jari tangan lainnya di sekitar bagian atas puting dan jari telunjuk di bawah puting membentuk posisi seolah menjepit puting.
  • Gulingkan jempol dan jari secara lembut ke depan pada saat bersamaan. Gerakan ini dapat mengompres dan mengosongkan penyimpanan air susu tanpa melukai jaringan payudara yang sensitif. Ciptakan gerakan ritmik dengan menekan, melepas, dan kemudian rileks hingga ASI keluar.
  • Tempatkan wadah atau mangkuk lebar yang bersih di bawah payudara untuk menampung ASI yang keluar. Lalu, pindahkan ASI ke dalam dalam botol bersih dan simpan dalam termos atau lemari es.
  • Lakukan hal yang sama pada payudara lain.

Memerah ASI dengan pompa

Sekarang ini, memerah ASI semakin mudah dengan menggunakan pompa. Anda bisa menggunakan pompa manual (hand-held pump) atau pompa elektrik. Kebanyakan pompa ASI sekarang juga dilengkapi botol penampung ASI. Berikut adalah cara menggunakannya:

  • Letakkan cangkir penyedot payudara dengan posisi puting di tengah.
  • Untuk pompa manual, remas pegangan pompa secara lembut dan berirama. Pompa sampai aliran ASI berhenti.
  • Untuk pompa elektrik, pompalah dengan daya hisap rendah lalu perlahan tingkatkan ke tingkat hisapan yang membuat Anda nyaman. Pompa sampai aliran ASI berhenti.
  • Lakukan hal yang sama pada payudara lain. (RFZ)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY