Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil

SehatFresh.com – Apa yang ibu hamil konsumsi akan menjadi asupan nutrisi calon bayi. Di tengah banyaknya pilihan produk makanan, banyak beredar produk makanan termasuk camilan yang tinggi lemak, gula, dan garam sehingga kurang sehat dikonsumsi karena hanya menyumbang kalori berlebih ketimbang nutrisi yang dibutuhkan saat hamil. Jika terus berlanjut, maka asupan nutrisi bisa menjadi tidak tercukupi. Hal ini dapat menyebabkan calon bayi mengambil nutrisi yang dibutuhkan dari tubuh ibu, sehingga bisa merugikan kesehatan ibu dan perkembangan janin menjadi tidak optimal.

Menjaga kesehatan saat hamil dengan mengonsumsi makanan sehat menjadi suatu keharusan agar kondisi bayi tetap sehat dan bebas dari gangguan. Selain makanan pokok yang disantap setiap hari, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi camilan di sela-sela waktu makan. Karena makan lebih sering dalam porsi kecil diyakini lebih baik ketimbang makan besar tiga kali dalam sehari. Terutama pada trimester awal kehamilan, beberapa wanita cenderung ingin selalu ngemil untuk menghilangkan rasa mual yang bisa datang kapan saja. Namun, camilan yang ibu konsumsi tentunya jangan sembarangan. Ada beberapa jenis camilan sehat yang dapat ibu pilih untuk dikonsumsi, yaitu :

  • Sereal
    Sereal dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang membuatnya menjadi pilihan yang baik dijadikan camilan. Sereal dari biji utuh mengandung banyak vitamin, mineral dan asam folat. Bahkan, para peneliti menyarankan ibu hamil untuk mendapatkan asupan 400 mikrogram suplemen vitamin B setiap harinya. Mengonsumsi sereal, terutama saat sarapan dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan tersebut.
  • Telur rebus
    Telur merupakan makanan yang kaya protein serta nutrisi lainnya seperti kolin yang baik untuk perkembangan otak dan sistem saraf janin. Yang perlu diingat ibu dilarang mengonsumsi telur mentah atau setengah matang karena berisiko mengandung bakteri Salmonella.
  • Pisang
    Pisang diperkaya kandungan karbohidrat, protein, vitamin C, vitamin E, serta kalium yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Wanita yang tengah hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang, karena kandungan asam folat dalam pisang bermanfaat untuk perkembangan janin dan mencegah terjadinya cacat pada janin.
  • Alpukat
    Alpukat juga merupakan salah satu alternatif camilan sehat ibu hamil. Alpukat kaya akan asam folat yang baik untuk perkembangan sistem saraf dan sel darah. Sebuah alpukat mengandung 114 mikrogram asam folat, di mana jumlah tersebut dapat memenuhi 30 persen kebutuhan asam folat pada ibu hamil.
  • Yoghurt
    Probiotik dalam yoghurt bermanfaat untuk melancarkan fungsi cerna. Ketika ibu mengonsumsi yoghurt, sebaiknya ibu memilih yoghurt tanpa rasa (plain) alias yogurt alami. Agar rasanya lebih enak, ibu bisa menambahkan buah-buahan segar atau kering sebagai pemanis alami.
  • Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan seperti kacang mete, almond, dan kenari dapat menjadi pilihan camilan untuk ibu hamil. Protein yang terkandung di dalamnya membantu pembangunan sel-sel janin. Para ahli menganjurkan untuk mengonsumsi 1,5 sendok makan per hari.
  • Salad sayur dan buah
    Salad sayur dan buah juga bisa dijadikan cemilan sehat ibu hamil yang menyegarkan dan tentunya menyehatkan. Buah dan sayuran merupakan makanan yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh ibu hamil serta janin.

Demi kehamilan yang sehat, ibu sebaiknya menghindari junkfood serta makanan siap saji lainnya guna menghindari efek buruk dari makanan tersebut yang bisa mengganggu kesehatan janin ibu. Menjaga kehamilan merupakan suatu keharusan. Maka dari itu, selalu perhatikan asupan gizi harian ibu dan jagalah pola makan dengan makan teratur dan mengonsumsi makanan sehat.

Sumber gambar : gigisusu.net

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY