Penyebab Sakit Tenggorokan

SehatFresh.com – Tentunya akan tidak nyaman rasanya ketika Anda mengalami sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan mengacu pada rasa sakit, gatal, atau iritasi tenggorokan. Rasa gatal dan nyeri pada tenggorokan membuat aktifitas terutama makan menjadi terganggu. Anda mungkin mengalami kesulitan menelan makanan dan cairan.

Sakit tenggorokan merupakan salah satu gejala dari radang tenggorokan, atau disebut juga faringitis. Sakit tenggorokan dapat memengaruhi orang-orang dari segala usia. Namun, sebagian orang tertentu memilki kerentanan tersendiri terhadap radang tenggorokan yang gejala utamanya adalah sakit tenggorokan. Ada banyak faktor yang menyebabkan orang mudah terkena sakit tenggorokan. Berikut adalah beberapa penyebabnya :

Infeksi virus
Kebanyakan sakit tenggorokan dipicu oleh infeksi virus sebagai gejala dari pilek dan flu. Jenis lain dari infeksi virus yang menimbulkan sakit tenggorokan adalah :

  • Mononukleosis: penyakit infeksi yang menular melalui air liur
  • Campak: penyakit menular yang ditandai dengan ruam dan demam
  • Cacar: infeksi yang menyebabkan luka pada kulit
  • Croup: infeksi pangkal tenggorokan

Infeksi bakteri
Selain akibat virus, infeksi bakteri juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan ini bisa terjadi sebagai manifestasi dari infeksi bakteri yang terkait dengan :

  • Radang tenggorokan: radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus
  • Difteri: penyakit infeksi yang menyebabkan peradangan tenggorokan
  • Batuk rejan: penyakit selaput lendir pernapasan

GERD
Penyakit gastroesophageal reflux (GERD) juga dapat menyebabkan sakit tenggorokan. GERD ditandai dengan mengalirnya kembali asam lambung ke kerongkongan. Kondisi ini menyebabkan berbagai gejala, seperti sakit tenggorokan, suara serak, nyeri ulu hati, dan mual.

Tumor
Tumbuhnya tumor pada daerah tenggorokan dan pita suara juga dapat menyebabkan nyeri dan radang tenggorokan.

Sinusitis
Orang yang memiliki sinusitis (radang pada rongga sinus) kronik dan berulang lebih rentan mengalami radang pada saluran pernapasan lainnya, termasuk radang tenggorokan yang gejala utamanya adalah sakit tenggorokan.

Faktor lingkungan
Tidak semua sakit tenggorokan disebabkan oleh virus atau bakteri. Faktor lingkungan juga telah dikaitkan dengan masalah ini. Jika Anda alergi terhadap jamur, bulu hewan peliharaan, serbuk sari, atau iritasi lainnya, paparan alergen tersebut dapat memicu post-nasal drip. Post-nasal drip adalah kondisi di mana lendir berlebih terakumulasi di bagian belakang tenggorokan. Akumulasi ini dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan rasa sakit atau peradangan. Udara kering juga bisa membuat tenggorokan terasa kasar dan gatal.

Selain itu, sering terpapar polusi atau zat iritan dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih rentan terkena radang tenggorokan. Asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan asap pembakaran sampah yang terhirup dapat menyebabkan sakit pada tenggorokan. Terlalu banyak minum alkohol, mengonsumsi makanan yang digoreng, dan makanan pedas juga dapat meningkatkan risiko timbulnya sakit tenggorokan.

Sumber gambar : cegahdengkur.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY