Ciri-ciri Kulit Kering

www.drakemedia.net

SehatFresh.com – Kulit kering, juga disebut xerosis, adalah kondisi kulit yang sangat umum di berbagai kalangan umur. Beberapa orang memiliki kulit kering secara alami. Namun, mereka dengan kulit cenderung berminyak pun dapat mengalami kulit kering pada beberapa waktu. Biasanya, kondisi kulit kering tidak mewakili masalah serius, tapi terkadang memang bisa sulit untuk diatasi. Kulit kering yang tidak membaik dengan modifikasi gaya hidup mungkin mengindikasikan adanya kondisi medis yang mendasari. Hal ini mungkin berhubungan dengan penyakit kulit lainnya atau berhubungan dengan kondisi patologis seperti diabetes, malnutrisi, hipotiroidisme dan hipertiroidisme.

Kelembaban kulit bergantung pada kadar air yang dimilikinya. Udara kering mungkin penyebab paling umum dari kulit kering, karena secara jelas mengakibatkan terkurasnya kadar air kulit. Selain itu, kulit kering juga terjadi ketika lipid menipis. Penyebab sederhana dari penipisan lipid meliputi penggunaan sabun yang keras dan mandi atau berendam di bak air panas terlalu lama. Secara umum, kulit menjadi sangat kering di musim dingin, ketika suhu dan tingkat kelembaban menurun. Sering berada di ruangan AC juga dapat menghasilkan efek yang sama. Penyebab lainnya, kulit kering bisa timbul sebagai suatu efek samping pengobatan. Beberapa obat, seperti diuretik atau retinoid topikal dan sistemik, dapat menyebabkan kulit kering untuk beberapa waktu.

Masalah kulit kering umumnya bersifat sementara, tapi bisa juga berlangsung seumur hidup. Menginterpretasikan kulit kering tidak hanya dilihat dari wajah, justru bagian kulit yang terkering biasanya adalah area lengan dan kaki bagian bawah. Namun, ini  bervariasi antara satu orang dengan orang lainnya. Terlebih lagi, tanda dan gejala kulit kering tergantung pada usia, kesehatan, di mana Anda tinggal, waktu yang dihabiskan di luar rumah dan penyebabnya.

Secara umum, kulit kering dapat dikenali dengan satu atau beberapa ciri berikut ini:

  • Kulit kering membuat wajah tampak lebih tua dan keriput lebih jelas
  • Kulit terasa mengencang terutama setelah mandi atau berenang
  • Kulit terasa dan terlihat kasar
  • Gatal (pruritus)
  • Kulit tampak mengelupas (ringan hingga parah)
  • Tampak iritasi atau kemerahan, terutama ketika cuaca sangat dingin
  • Kurang elastis
  • Pori-pori hampir tak terlihat

Dalam kebanyakan kasus, kulit kering dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup sederhana dan pengobatan rumahan. Sebagai langkah awal, kulit kering dapat diperbaiki dengan menggunakan pelembab dan menghindari penggunaan sabun berbahan keras, serta menerapkan kompres dingin bila kulit terasa gatal. Bila itu tidak membantu, masalah kulit kering kronis atau parah mungkin memerlukan evaluasi medis lebih lanjut oleh dokter kulit (dermatolog). Segera periksakan ke dokter bila:

  • Kulit kering tidak membaik setelah melakukan berbagai upaya perbaikan
  • Kulit kering disertai dengan kemerahan
  • Kekeringan dan gatal mengganggu tidur
  • Timbul luka terbuka atau infeksi akibat garukan
  • Banyak area kulit yang mengalami pengelupasan
  • Kulit mudah retak sehingga menyebabkan timbulnya celah mendalam yang mungkin berdarah. Ini menyediakan jalan bagi bakteri untuk menginvasi dan pada akhirnya menimbulkan masalah kesehatan yang lebih kompleks.

Dermatolog dapat mengevaluasi dan mengidentifikasi penyebab serta memberikan penanganan yang lebih tepat. Bersamaan dengan pemulihan gaya hidup, dokter mungkin akan meresepkan salep untuk membantu mengobati kulit kering. Ini akan sangat membantu mengurasi rasa gatal serta menurunkan risiko infeksi. Jika timbul luka terbuka karena kulit sering digaruk, Anda mungkin akan diberi obat resep antibiotik.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY