Penyebab, Tanda, dan Gejala Penyakit Balanitis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Balanitis adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena adanya peradangan pada ujung penis (glans). Kulup (tutup longgar kulit yang menutupi kepala penis) juga sering terpengaruh. Balanitis dapat menyerang semua pria, semua usia, terutama mereka yang tidak disunat. Beberapa penyebab terjadinya balanitis adalah adanya infeksi akibat infeksi jamur (candidiasis), kuman infeksi, infeksi menular seksual, iritasi kulit dan kondisi kulit tertentu. Biasanya penyakit ini memiliki gejala ┬áruam pada bagian kulup. Sementara itu, untuk mengatasi penyakit balanitis biasanya dengan menggunakan obat-obatan antibiotik.

Balanitis merupakan kondisi umum yang lebih sering terjadi pada pria yang belum disunat. Anda dapat mencegah risiko terkena balanitis dengan mengurangi faktor risiko dan menjaga kebersihan diri dengan baik. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Penyebab Terjadinya Penyakit Balanitis

Penyebab terjadinya balanitis ialah karena terjadinya infeksi. Masalah kebersihan pada bagian kulup disebut-sebut dapat memicu terjadinya infeksi pada penyakit balanitis. Bagian kulup yang kurang bersih biasanya menjadi sarang bagi berkembangnya mikroorganisme sehingga terjadi infeksi.

Adanya penyakit infeksi menular seksual seperti herpes genital dan genore juga akan menjadi penyebab terjadinya infeksi pada bagial glans. Infeksi juga terjadi akibat berbagai kuman yang hidup pada kulit dalam jumlah kecil yang berkembang biak. Penyebab umum infeksi yaitu dengan ragi yang disebut Candida. Candida adalah kuman yang sama yang menyebabkan sariawan vagina pada wanita. Sejumlah kecil Candida biasanya hidup pada kulit dan kadang-kadang dapat menyebabkan infeksi.

Kulit kepala penis atau glans merupakan bagian kulit yang sensitif sehingga mudah mengalami iritasi. Jika kita tidak rajin membersihkan area tersebut, kulit yang sudah rusak, urin, keringat, dan kotoran lainnya dapat bersarang di area tersebut. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya iritasi sehingga timbul peradangan.

Tanda dan Gejala Penyakit Balanitis

Beberapa tanda dan gejala balanitis yang biasanya terjadi termasuk:

  • Kemerahan dan bengkak di ujung penis atau kulit penis.
  • Nyeri dan kesulitan saat buang air kecil.
  • Keluarnya kotoran yang berbau busuk.
  • Dan terdapat bintil merah pada kulit kepala penis.

Jika balanitis tidak diobati, dapat mengganggu batang penis dan dapat menimbulkan lecet dan bisul. Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY