Ciri dan Tanda Gejala Batu Kandung Kemih

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Batu kandung kemih atau bisa disebut juga bladder calculi adalah batu yang terbentuk dari endapan mineral memang ada didalam kandung kemih, berukuran sangat bervariasi dan tentunya memiliki resiko bagi penderitanya. Namun bagi laki-laki yang memang berusia lanjut biasanya diatas usia 52 tahun lebih sering mengalaminya, terutama mereka yang menderita pembesaran prostat. Saluran dalam urin juga dapat tersumbat oleh batu kandung kemih. Terhalangnya saluran kemih akan menyebabkan seorang penderitanya mengalami nyeri saat berkemih atau bisa juga tidak dapat berkemaih sama sekali.

Tanda-tanda dan gejala batu kandung kemih yaitu:

Batu kendung kemih memang tidak menyebabkan gejala dan apa bila ukurannya cukup kecil sehingga dapat dikeluarkan saat anda sedang buang air kecil dan gejala umum dari batu kandung kencing yaitu saat anda merasakan nyeri perut bagian bawah dan terkadang menimbulkan rasa sakit. Pada pria akan merasakan sakit pada penisnya dan kesulitan saat buang air kecil. Urin akan berubah menjadi berwarna gelap dan adanya darah pada urine. Kemungkinan adanya tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan pada kalimat diatas. Jika memang anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu anda dapat berkonsultasikan dengan dokter.

Anda perlu segera berkonsultasikan pada dokter jika anda mengalami hal-hal tersebut  terutama bagi anda yang menderita sakit perut berkepanjangan. Jika anda terlambat dan tidak segera mendapatkan penanganan yang benar, penderita batu kandung kemih dapat mengalami beberapa komplikasi seperti :

  1. Disfungsi kandung kemih kronis, batu kandung kemih yang tidak ditangani akan menimbulkan rasa nyeri saat buang air kecil terlalu sering  atau bahkan dapat menyumbat saluran urine.
  2. ISK (Infeksi Saluran Kemih) batu kandung kemih juga dapat menyebabkan munculnya infeksi bakteri disaluran kemih penderitannya.

Gejala batu kandung kemih

Gejala ini biasanya dapat dirasakan oleh kebanyakan  penderitanya ketika batu tersebut yang menyumbat saluran urine atau melukai dinding kandung kemih beberapa tersebut diantaranya seperti :

  1. Adanyaa rasa nyeri saat buang air kecil
  2. Adanya darag dalam urin
  3. Urine yang terlihat lebih pekap dan umumnya berwarna kegelapan
  4. Penderita akan kesulitan untuk buang air kecil
  5. Penderita akan merasakan ingin terus buang air kecil
  6. Adanya sakit perut dibagian bawah dan  terasa sangat nyer
  7. Penis pada laki-laki akan terasa sakit

Penyebab batu kandung kemih

Batu kandung kemih yang biasanya terjadi apa bila kandung kemih anda tidak dikosongkan hingga tuntas. Mineral yang ada pada urine akan membentuk kristal dan akan menjadi batu. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here