Cara Mencegah Terjadinya Hiperpigmentasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kulit seorang wanita sangat sensitiv pastinya banyak masalah pada kulitnya dan biasanya masalah kulit yang dialami seorang wanita yaitu hiperpigmentasi. Memang tidak berbahaya akan tetapi munculnya bercak pada kulit ini akan berdampak pada penampilan anda dan sedikit mengganggu.

Hiperpigmentasi sendiri merupakan salah satu kerusakan kulit yang memang biasanya ditandai dengan munculnya bercak berwarna gelap pada kulit anda. Munculnya bercak gelap ini disebabkan oleh penumpukan zat melanin. Zat melanin ini memang memiliki peran dalam warna pigmen pada kulit seseorang sebagaimana produksi melanin yang berlebihan akan menimbulkan munculnya bercak gelap pada kulit.

Bagaimana cara untuk mencegah kulit karena hiperpigmentasi? Anda mulai biasakan diri anda untuk menggunakan krimtabir surya dengan SPF 30 tiap hari sebelum anda melakukan aktivitas, hal ini karena agar kulit anda terlindungi dari paparan sinar matahari. Selain itu dapat mencegah terjadinya risiko hiperpigmenatsi penggunaan krim tabir surya juga meminimalkan kerusakan kulit lainnya.

Saat anda melakukan aktivitas, diusahakan untuk menghindari paparan sinar matahari. Karena wajah anda merupakan bagian tubuh yang rentan terkena sinar matahari. Oleh karena itu anda disarankan untuk menggunakan topi saat anda melakukan aktivitas diluar ruangan agar wajah anda terlindungi dari sinar matahari langsung.

Hiperpigmentasi ini memang tidaklah berbahaya, namun wajah anda akan terganggu karena akan timbulnya bercak-bercak hitam pada wajah anda, karena itulah anda perlu penanganan secepatnya agar hiperpigmentasi dapat teratasi. Anda juga dapat melakukan konsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat terkait masalah pada kulit anda.

Baca Juga : Kondisi Hiperpigmentasi

Dan bagaimana cara untuk mengatasi hiperpigmentasi ini?

Munculnya bercak hitam pada wajah anda memang sangat berdampak pada penampilan anda, oleh kerana itu cara untuk mengatasi bercak akibat hiperpigmentasi ini dapat anda atasi dengan cara seperti berikut ini:

  1. Yang pertama anda bisa mengkonsumsi Vitamin C dan asam kojik. Obat-obatan ini yang mengandung Vitamin C dan asam kojik mampu untuk mencerahkan dan sekaligus dapat mengurangi hiperpigmentasi kulit anda, oleh karena itu jika memang anda mengalami hiperpigmentasi anda bisa segera mencari informasi tentang obat-obatan tersebut. Pasalnya kandungan Vitamin C ini memang mampu untuk menghambat enzim tirosinase yang berperan didalam pembentukan melanin kulit gelap. Perlu anda ketahui semakin cepat anda mengatasi kulit akibat hiperpigmentasi lebih cepat pula bercak hitam itu akan menghilang.
  2. Kedua anda bisa juga menggunakan laser atau chemical peeling. Cara kedua ini dapat anda lakukan jika memang anda menggunakan cara yang pertama ini belum berhasil. Atau anda ingin lebih cepat untuk menghilangkan hiperpigmentasi tersebut cara kedua ini menjadi alternatif anda. Penanganan lebih lanjut ini menggunakan laser ataupun chemical peeling memang kerap sekali direkomendasikan dokter untuk menghilangkan bercak. Hanya saja perlu diketahui bahwa hiperpigmentasi melasma harus menghindari prosedur chemical peeling karena terapi ini justru dapat memperparah kondisi hiperpigmentasi tersebut.

Yang ketiga anda juga dapat memaksimalkan pelembap. Bagi anda krim pelembab yang memang dijual bebas bisa juga menjadi pilihan untuk anda mengatasi hiperpigmentasi ini, meski begitu anda perlu berhati-hati produk yang mengandung pelembab gliserin, asam hyaluronic dan retinol ini mampu untuk meningkatkan regenerasi sel kulit. Dab bahan-bahan ini akan membantu pada zat pemutih untuk bekerja lebih efektif. (NLT)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here