Penyuntikan Insulin dan Reaksi Insulin

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Insulin adalah hormon yang dibuat secara alamiah oleh organ pankreas manusia. Hormon ini dapat berfungsi untuk mengontrol kadar gula (glukosa) dalam darah. Sedangkan insulin sintesis ini adalah hormon yang dibuat dengan susunan zat yang mirip seperti insulin alamiah dari manusia. Dengan cara penggunanya  perlu disuntikan ketubuh insulin buatan yang tidak dapat dikonsumsi melalui mulut karena akan hancur saat bercampur dengan enzim pencernaan manusia.

Bagi penderita yang tidak memiliki kadar insulin yang cukup atau insulin yang tidak dapak bekerja secara efektif akan membutuhkan perawatan dengan insulin buatan untuk dapat mengontrol kadar gula dalam darahnya karena kadar gula yang terkontrol akan dapat mengurangi risiko penderita mengalami komplikasi diabetes.

Ada banyak jenis insulin yang tersedia di toko obat atau apotek dipasaran. Insulin sendiri terbagi berdasarkan dengan seberapa cepat  insulin ini dapat bereaksi didalam darah.

Diabetes ini dapat terjadi ketika  tubuh anda memang tidak menggunakan insulin dengan benar atau bisa  juga katika pankreas tidak dapat memproduksikan insulin yang cukup. Jenis insulin ini dibagi menjadi dua tipe yaitu:

  1. Diabetes tipe satu yaitu jenis penyakit autoimun kareana dimana tubuh tidak lagi dapat memproduksi insulin. Pada penyakit ini kegagalan pada tubuh dapat memproduksi insulin terjadi karena sistem kekebalan tubuh telah menghancurkan semua sel yang dapat mempromosikan insulin di dalam pankreas. Penyakit ini biasanya lebih sering diderita oleh seseprang yang berusia lebih muda.
  2. Diabetes tipe dua ini merupakan respon yang dapat menurunkan efek insulin oleh sel-sel tubuh yang memang membutuhkan glukosa resistensi insulinnya. Oleh karena itu banyak kasus diabetes tipe dua ini yang memungkinkan pasiennya kan mengalami kelebihan insulin. Dalam menjaga agar kadar gula darah tetap normal. Namun selama bertahun-tahun jika seseorang mengalami kelebihan akan dapat menyebabkan sel-sel yang memproduksi insulin dipankreas hancur. Pada saat itu pasien akan mengalami ketergantungan pada pengobatan insulin.

Suntik insulin ini dapat mengobati kedua jenis tipe diatas akan tetapi banyak orang yang menderita diabtes tipe dua ini yang dapat mengelolah gula darahnya dengan merubah gaya hidup mereka. Dan terkadang penderita tipe dua ini tidak dapat mencapai kadar gula darah yang normal hanya karena obat-obatan. Semua harus berjalan bersamaan merubah gaya hidup dan obat-obatan seperti insulin yang perlu untuk menjaga tingkat gula darah yang sehat.

  • Efek atau reaksi langsung dari insulin. Jenis insulin yang akan mulai bekerja sekitar 15 menit setelah disuntikan dan injeksi ini kan dapat bertahan selama 3 sampai 5 jam dan sering juga dilakukan sebelum makan.
  • Efek singkat. Dari insulin ini yaitu sebelum makan insulin mulai bekerja dalam waktu 30 sampai 60 menit setelah disuntikan dan berlangsung 5 sampai 8 jam
  • Efek lama  insulin. Insulin tidak akan langsung bekerja sampai 1 jam setelah disuntikan akan tetapi bisa berlangsung sampai 26 jam.
  • Efek meneangah. Insulin yang mulai bekerja dalam 1 sampai 3 jam setalh injeksi dan bisa berlangsung 12 sampai 16 jam . (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here