Dampak Bagi Persalinan dan Janin Jika Mengalami Varises Vagina

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit varises seringkali dijumpai pada tungkai, betis atau area pergelangan kaki. Khusus pada wanita yang sedang menjalani masa kehamilan, varises juga dapat muncul pada vagina dan vulva. Lantas bagaimana dampaknya bagi persalinan dan janin, jika ibu hamil mengalami varises vagina?

Dari berbagai sumber yang berhasil dirangkum, varises vagina memiliki ciri-ciri yang khas. Bentuknya bisa bergelombang, membenjol, hingga melingkar. Warnanya pun bisa kebiru-biruan, keungu-unguan atau kehijau-hijauan. Umumnya hanya bentuk dan warna yang berubah, namun ukuran vagina tidak banyak mengalami perubahan.

Varises pada vagina bisa terjadi pada setiap wanita yang menjalani masa kehamilan, khususnya yang mempunyai keturunan menderita varises tersebut. Resiko terserang varises vagina akan semakin meningkat, jika usia kehamilannya memasuki 7 bulan ke atas atau trimester 3.

Terjadinya varises pada vagina bisa diakibatkan penekanan pembuluh darah pada daerah panggul karena semakin besarnya ukuran rahim. Gejala umum yang biasanya dijumpai ibu hamil seperti nyeri di area vulva, vagina terasa berat, mengalami bengkak, hingga perasaan tidak nyaman untuk melakukan segala aktivitas.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan ibu hamil guna mengatasi keluhan akibat varises vagina. Pakaian ketat khusus varises bisa digunakan untuk menghadirkan rasa nyaman dalam beraktivitas. Meski terkesan sepele, namun pakaian cukup memberikan kontribusi dalam kesehatan ibu hamil.

Wanita hamil juga dianjurkan untuk tidak beraktivitas yang mengharuskannya untuk berdiri lama. Pasalnya dengan  berdiri lama dapat memberikan tekanan terhadap pembuluh darah vena di wilayah panggul, sehingga bisa mengakibatkan varises semakin muncul.

Ketika sedang tidur dianjurkan untuk sedikit mengganjal bokongnya dengan menggunakan bantal tipis. Tujuannya untuk melancarkan aliran darah yang ada di sekitar panggul. Aliran darah yang lancar juga bisa berpengaruh positif pada kesembuhan varises pada vagina.

Ibu hamil juga disarankan untuk tidak mengangkat barang-barang berat. Hal itu bisa merangsang munculnya pembesaran pembuluh darah vena yang ada di wilayah panggul. Khusus bagi ibu hamil yang masih bekerja, sebaiknya meminta keringanan kepada pimpinan untuk mengurangi aktivitasnya di kantor.

Apakah varises vagina memberikan dampak seirus bagi persalinan dan janin? Wanita hamil yang mengalami varises vagina, sebenarnya tidak harus menjalani operasi sesar ketika melahirkan. Pasalnya pembuluh darah vena bersifat lembut dan lunak, sehingga tidak menghalangi jalan lahir bayi. Jika kondisi fisik ibu dan janin dianggap sehat, maka persalinan normal bisa dilakukan.

Namun penilaian klinis yang dilakukan dokter kandungan menjadi lebih utama sebagai dasar diambilnya keputusan. Semua dokter pasti menginginkan yang terbaik bagi pasiennya. Alhasil semua keputusan akan dilakukan berdasarkan pertimbangan diagnosa medis, fasilitas rumah sakit, hingga tim bersalin. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here