Macam-Macam Penyakit yang Berhubungan dengan Stress

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Stress yang kerap datang menyerang seseorang, bisa saja menyebabkan timbulnya  berbagai penyakit. Mulai dari sakit kepala, kram, hipertensi, jantung, hingga stroke. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penyakit yang berhubungan dengan stress.

Stress bisa menyebabkan sakit kepala

Penyakit pertama yang biasanya muncul akibat stress adalah sakit kepala. Ketika seseorang mengalami stress, maka otak akan bekerja lebih keras dari biasanya. Kondisi tersebut dapat mengakibatkan rasa sakit yang berlebih pada kepala. Dampak terburuknya seseorang bisa mengalami sakit kepala sebelah atau migraine.

Stress bisa menyebabkan kram 

Penyakit lain yang bisa timbul karena stress adalah kram. Kram muncul akibat otot tubuh tegang karena mengalami stress. Selain kram, ketegangan otot tubuh akibat stress juga dapat mengakibatkan kaku pada leher dan nyeri punggung.

Stress bisa menyebabkan sakit jantung

Penyakit yang dapat juga timbul akibat stres adalah penyakit jantung. Ketika seseorang sedang stress, jantung biasanya akan berdetak lebih kencang. Selain itu ketika seseorang mengalami stress tubuh akan mengeluarkan hormon yang dapat meracuni jantung.

Stress bisa menyebabkan tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi penyakit yang juga bisa muncul akibat stress. Tekanan darah bisa meningkat akibat stress, sehingga mengganggu kesehatan seseorang.

Stress bisa menyebabkan stroke

Seseorang yang mengalami stress tingkat tinggi, bisa saja terserang penyakit stroke. Hal tersebut terjadi akibat penyumbatan aliran darah di otak. Pasalnya ketika seseorang mengalami stress, otak akan memompa darah lebih cepat. Situasi itu yang kemudian menyebabkan penyumbatan aliran darah di otak.

Stress bisa menyebabkan kanker

Berikutnya penyakit yang dapat timbul akibat stres adalah kanker. Stress yang menyerang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, kemudian secara signifikan akan mengurangi jumlah sel-sel T yang sebenarnya berfungsi melawan kanker. Selain itu stres juga bisa mengurangi jumlah produksi sel-sel T di dalam tubuh.

Stress bisa menyebabkan insomnia

Seseorang yang mengalami stress pasti akan sulit tidur atau menderita insomnia. Ketika seseorang dilanda stress, tubuh akan meningkatkan produksi adrenalin. Adrenalin adalah salah satu zat kimia yang dihasilkan otak guna meningkatkan kewaspadaan, sekaligus membuat seseorang tetap terjaga. Hal itulah yang mengakibatkan seseorang saat stress, akan mengalami kesulitan untuk tidur.

Sterss bisa menyebabkan ulkus

Penyakit yang bisa juga ditimbulkan akibat stres adalah ulkus. Ulkus merupakan salah satu penyakit bisa mengakibatkan kerusakan pada lambung. Seseorang yang mengalami stress bisa meningkatkan asam lambung. Meningkatnya asam lambung yang berlebihan akhirnya bisa mengakibatkan penyakit ulkus.

Selain penyakit-penyakit di atas, sebenarnya masih banyak lagi penyakit yang bisa muncul akibat stress. Guna menghindari serangan berbagai penyakit yang diakibatkan stress, seseorang harus bisa lepas dari tekanan psikologis. Salah satu caranya adalah mendekatkan diri kepada Tuhan YME dengan rajin beribadah. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here