Dampak Dari Hukuman Fisik Orangtua Bagi Kesehatan Mental Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Terkadang anda mungkin mengalami masa-masa ketika dihukum secara fisik oleh orang tua dimasa kecil, baik itu dicubit, dipukul, dijewer atau jenis yang lainnya. Akan tetapi hukuman tersebut mereka namakan karena terlalu menyayangi kita. Tapi yang berbekas pada diri kita adalah rasa sakit itu sendiri.

Sangat penting memang orang tua untuk mendisiplinkan anak akan tetapi untuk menghukum mereka secara fisik dapat memiliki dampak yang berjangka panjang pada pertumbuhannya. Anak-anak memang sangat nakal sehingga kita terkadang tidak mampu menahan kenakalannya tersebut tetapi cara menghukum fisik bukanlah hal yang baik untuk dilakukan sebagai orang tua. Anak-anak membutuhkan berbagai jenis perawatan saat akan tumbuh menjadi dewasa. Anda juga tidak dapat mengasuh anak yang berumur 5 tahun disamakan dengan usia remaja dan dengan aturan yang sama. Sebaiknya anda perlu hentikan hukuman fisik terhadap anak karena akan berdampak pada perkembangnya yang buruk dan anda perlu pikirkan cara mendisiplinkan anak seperti:

  1. Hukuman fisik akan mengajarkan anak bahwa yang terkuat itu lah yang selalu benar

Nah bukan hal apa yang anda inginkan tetapi apa yang anda inginkan terhadap anak perlu anda ajari. Jika anda melakukan hukuman fisik terhadap anak dalam belajar maka anak anda akan menjadikannya itu sebagai beban.

  1. Hukuman fisik akan mengajarkan kepada mereka bahwa kekerasan bisa menjadi solusi dalam setiap pemecahan suatu masalah

Seperti jika anda memukul anak anda jika melakuakan prilaku yang buruk maka mereka akan berfikir bahwa kekerasan akan mengatur hal yang salah menjadi hal yang benar hal ini tidak benar.

  1. Hukuman fisik yang akan menghambat diri mereka

Ketika orang tua menghukum anaknya dengan memukulnya, hal ini terkadang akan membuat anak-anak berfikir bahwa ada sesuatu yang salah dengan mereka . dan tingkat harga diri mereka tidak boleh dijatuhkan. Dan bagi anda orang tua hati-hatilah ketika menghukum anak anda

  1. Hukuman fisik akan melukai hubungan keharmonisan orang tua dan anak

Jika anda menggunakan pukulan saat memarahi anak anda. Justru anak anda akan mulai menghilangkan kepercayaannya pada andadan itu akan menjadikan rasa takut dalam hubungan anak dan orang tuanya. Ini bukan lah ikatan yang baik untuk membentuk ikan antara anak dan orang tuanya.

  1. Hukuamn fisik juga akan mempengaruhi kesehatan anak anda

Jika anda melakukan kekerasan terhadap anak. Anak-anak yang masih kecil sudah anda pukul akan berdampak ketika amereka besar mereka akan kemungkinan mengalami pada kesehatan mentalnya. Mungkin hal ini tidak anda inginkan bukan . akan tetapi jika anda memukul secara fisik dapat meninggalkan dampak yang panjang untuk masa depannya nanti.

Cara yang baik untuk mendidik anak yaitu dengan membuat anak-anak memahami perbedaan antara yang benar dan yang salah dengan cara yang lebih manusiawi. Dan tentunya tidak akan menyakiti fisik dan hati anak anda. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here