Dampak Negatif Tidur Dekat Ponsel

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Di jaman modern kemajuan teknologi semakin berkembang dan semakin canggih salah satunya alat komunikasi ponsel. Jika pada jaman dahulu yang memiliki ponsel hanya orang-orang dari kalangan tertentu akan tetapi di jaman sekarang hamir seluruh kalangan memiliki alat komunikasi gengam ini. Banyak yang bisa diakses dan digunakan dari alat tersebut. Semakin modern dan canggihnya alat telepon genggam ini maka hampir setiap orang tidak pernah bisa lepas dari alat tersebut pada saat melakukan aktivitas. Dunia ponsel seperti game online dan sosmed membuat orang menjadi terlena dan lupa waktu, sehingga pada waktunya istirahat orang asyik dengan ponselnya bermain game atau chating sehingga tingkat resiko yang akan didapatkan lebih tinggi.

Kebiasaan tersebut seringkali membuat orang selalu tidur berada di dekat ponsel. Padahal hal ini banyak memiliki bahaya yang mengancam kesehatan. Berikut ini dampak negatif yang akan diperoleh apabila anda tidur di dekat ponsel, yaitu :

  1. Meningkatkan resiko kanker

Apabila anda memiliki kebiasaan pada saat tidur berada di dekat ponsel maka akan menyebabkan gangguan pada sistem saraf pusat yang di akibatkan oleh sinar radiasi. Hasil penelitian pada tahun 2012 yang dilakukan oleh Bionitiative menyatakan bahwa dengan menggunakan ponsel sekitar 10 tahun dapat menyebabkan tumor. Penelitian ini menyatakan adanya suatu korelasi yang signifikan antara radiasi RF dari ponsel dengan berkembangnya tumor otak. Selain itu menurut penelitian yang dilakukan sekelompok riset israel menyatakan bahwa paparan radian ponsel dapat mengakibatkan tumur pada kelenjar parotis di daerah wajah.

  1. Masalah infertilitas

Radiasi yang di pancarkan ponsel dapat mengakibatkan gangguan produksi sperma pada seorang pria karena hal ini dapat di pengaruhi oleh tingkat kesuburan. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Queen di Kanada dan penelitian yang dilakukan oleh Medical University of Graz di Austria menyatakan bahwa paparan radiadi yang di paparkan oleh ponsel dapat menyebabkan tingkat produksi hormon penting pada pria yaitu hormon luteizing (LH) menjadi lebih rendah. Hormon ini disekresikan oleh kelenjar hipofisis di otak. Selain itu hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa paparan sinar radiasi pada ponsel dapat meningkatkan jumlah produksi hormon testosteron.

  1. Gangguan jantung

Dampak negatid apabila tidur di dekat ponsel yaitu terkena gangguan jantung. Hal ini dibuktikan oleh peristiwa seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung ketika ponselnya berdering. Hal ini di anggap bahwa radiasi ponsel mempengaruhi jantung sehingga terjadinya serangan jantung yang menyebabkan kematian pada seseorang tersebut.

  1. Menghambat metabolisme tubuh

Pada saat tidur sistem metabolisme kita bekerja secara aktif untuk mencerna makanan dan membuang racun yang ada di dalam tubuh. Apabila anda tidur berada di dekat ponsel maka sistem metabolisme anda akan terganggu. Hal ini akan menyebabkan gangguan pencernaan anda.

Berikut adalah beberapa dampak yang akan di peroleh apabila anda tidur berada di dekat ponsel. Terlebih bagi anda seorang pria sangat berdampak kepada kesuburan anda karena dapat mempengaruhi hormon testosteron dan hormon leteizing sehingga anda akan beresiko lebih besar mengalami kemandulan. Karena radia dari ponsel akan mempengaruhi tingkat kesuburan anda (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here