Diet Golongan Darah Dalam Pandangan Medis

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Wanita selalu ingin tampil sempurna di segala aktivitasnya. Make up dan fasion tidak hanya menjadi andalan untuk penampilannya. Memiliki tubuh yang ideal dengan badan yang tinggi dan ramping adalah impian semua wanita sehingga wanita tampil lebih seksi dan bebas saat menggunakan pakaian apapun. Tentunya hal ini menjadi suatu permasalah bagi wanita apabila tubuhnya terlihat gemuk.

Saat tubuh terlihat gemuk beberapa upaya selalu dilakukan oleh kaum wanita agar tetap memiliki tubuh yang ideal. Salah satu upaya yang mereka lakukan yaitu dengan melakukan diet. Banyak jenis diet yang dilakukan oleh kaum wanita salah satunya yaitu diet goldar. Diet goldar ini sesuai dengan namanya dimana seorang wanita melakukan diet ini dengan mengkonsumsi jenis makan tertentu berdasarkan golongan darah mereka. Bagi anda yang belum dan akan melakukan jenis diet tersebut perlu anda ketahui mengenai pro dan kontra jenis diet ini. Dan bagaimanakah menurut pandangan medis mengenai jenis diet ini.

Pro dan kontra tentang diet golongan darah

Jenis diet ini dianggap sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Banyak dari kalangan artis yang menggunakan jenis diet tersebut. Berikut ini berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari diet goldar yaitu :

Kelebihan

  1. Menurut Dr D’Adamo mengharuskan kepada golongan darah A untuk mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung protein tinggi terutama berbahan susu. Mengkonsumsi jenis makan tersebut tentunya akan membantu mengurangi atau memperlambat proses pengeroposan tulang.
  2. Kebal terhadap serangan berbagai jenis virus dan infeksi.
  3. Memberikan perlindungan terhadap penyakit kanker, jantung, diabetes dan gagal hati.
  4. Terhindar dari proses penuaan dini.
  5. Menurunkan berat badan secara efektif.

Kekurangan

Menurut Dr. Elvina Karyadi mengatakan bahwa jenis diet goldar belum ada penelitian ilmiah yang menunjukan apakah diet ini aman dan efektif atau tidak. Karena jenis diet ini hanya menganjurkan jenis makanan tertentu berdasarkan golongan darah. Seperti contohnya bagi yang memiliki golongan darah O harus mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung protein tinggi, apabila seorang tersebut mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dalam jumlah yang berlebih maka akan mengakibatkan ginjal bekerja lebih berat. Sehingga akan beresiko terjadinya gangguan pada kesehatan ginjal.

Diet golongan darah dalam pandangan medis

Diet golongan darah yaitu diet yang ditentukan berdasarkan jenis golongan darah orang tersebut. Diet tersebut tidak direkomendasikan untuk dilakukan karena belum ada bukti ilmiah untuk mendukung jenis diet tersebut. Diet golongan darah memiliki resiko yaitu seseorang dapat mengalami kesulitan untuk memenuhi keperluan nutrisi sepenuhnya karena adanya larangan untuk mengkonsumsi jenis makanan tertentu yang tidak dianjurkan dengan jenis darah orang tersebut.

Menurut dr Nurul Ratna Manikam, SpGK yang bekerja di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengatakan bahwa sebaiknya anda tidak mengikuti jenis diet goldar karena jenis diet tersebut belum teruji secara klinis. Hal ini juga di sampaikan oleh dr Inge Permadhi, MS, SpGK dari siloam hospital yang mengatakan bahwa jenis diet ini belum pernah teruji secara klini. Maka diet ini sebaiknya jangan dilakukan karena jenis diet ini hanya menganjurkan jenis makanan tertentu dan melarang jenis makanan tertentu padahal yang dilarang juga sangat dibutuhkan oleh tubuh sehingga dikhawatirkan menimbulkan gangguan kesehatan. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here