Definisi dan Pemahaman “Lactose Intolerance” Serta Cara Mengatasinya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi sebagian ibu hamil pasti ada yang mengalami lactose intolerance atau intoleransi laktose. Sebenarnya dari anda mungkin sudah mengerti apa itu lactose intolerance, namun karena penggunaan istilah maka ada beberapa yang tidak mengetahui atau tidak paham apa itu lactose intolerance.

Lactose intolerance adalah seseorang yang tidak memiliki kemampuan untuk mencerna laktosa. Laktosa sendiri adalah gula yang terdapat pada susu. Orang dengan lactose intolerance biasanya harus mengontrol asupan laktose namun tidak semua produk susu harus dihindari.

Ibu hamil yang memiliki lactose intolerance akan menemui tanda seperti sakit perut, kram, kembung, mual, diare, mengeluarkan gas, dan suara bergerumuh dalam perut. Gejala tersebut biasanya akan berlangsung selama 30 menit hingga 2 jam. Sedangkan penyebab lactose intolerance karena tidak memiliki enzim laktase yang cukup dalam tubuh.

Untuk mengatasi masalah lactose intolerance pada ibu hamil yaitu:

  1. Periksa ke dokter

Untuk mengetahui apakah gejala yang anda rasakan benar dari laktose intolerance anda bisa memastikannya dengan periksa ke dokter. Dengan periksa ke dokter, dokter juga sekaligus akan menangani kondisi yang anda rasakan.

  1. Konsumsi vitamin D

Dengan mengonsumsi vitamin D dapat untuk menganti nutrisi yang terkandung dalam susu yang mungkin tidak anda konsumsi karena lactose intolerance.

  1. Ganti dengan susu kedelai

Bagi ibu hamil yang memiliki intoleransi laktose, tidak harus secara mentah menghindari berbagai jenis susu. Anda bisa menganti konsumsi susu ke susu kedelai. Meskipun kandungan gizinya tak setinggi susu sapi. Tapi susus kedelai lebih tinggi protein, vitamin A, vitamin D, B12, dan fiboflavin yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

  1. Pilih susu bebas laktosa

Jika and ingin tetap mengosumsi susu, anda bisa memiliki alternatif dengan membeli susu yang bebas dari kandungan laktosa. Cara mendapatkanya pun mudah karena tersedia banyak di pasaran. Walaupun bebas laktose, para produsen susu bebas laktose juga menambahkan kandungan kalsium di dalamnya. Dimana kalsium tersebut dapat membantu anda mendapatkan kalsium dari susu tanpa merasakan gangguan pada perut anda.

  1. Enzim laktase

Saat periksa ke dokter, anda juga bisa menanyakan perihal enzim laktase. Karena kurangnya kandungan tersebut yang dapat membuat anda mengalami intoleransi laktose. Biasanya dokter akan menawarkan anda untuk membeli kapsul atau tablet enzim laktase di apotek atau toko obat. Sehingga dapat meningkatkan enzim laktase dalam tubuh anda. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY