Tips Jitu Meredakan Tangisan Bayi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Memiliki bayi setelah mengandungnya selama sembilan bulan merupakan moment yang sangat membahagiakan. Apalagi bayi yang dilahirkan oleh istri anda adalah anak pertama bagi keluarga kecil anda, pasti sungguh menyenangkan.

Setelah melahirkannya ke dunia, tugas selanjutnya adalah merawat bayi anda hingga bertumbuh besar dan mampu menjalankan tugasnya sendiri. Pada tahap merawatnya mungkin ada moment yang menyenangkan dan juga ada moment dimana anda merasa kesusahan.

Salah satu moment yang cukup merepotkan adalah saat bayi anda menangis dan tangisan tersebut tak berhenti-henti. Walaupun anda sudah berusaha dengan sabar agar anak dapat berhenti menangis. Namun tidak bisa dipungkiri pasti ada saatnya anda dibuat pusing kepala karena tangisan bayi anda.

Pada dasarnya bayi yang baru lahir sering menangis dikarenakan pada masa ini bayi masih melakukan penyesuaian dengan lingkungan baru yaitu di luar rahim. Walaupun wajar, tapi anda juga harus memiliki cara agar anda tak dibuat pusing kepala. Agar anda tak pusing kepala saat bayi menangis, berikut tips jitu yang dapat anda gunakan saat bayi anda menangis:

  1. Bedong bayi (Swaddling)

Cara pertama yaitu dengan membedong bayi anda. Bedong dapat meredakan tangisan bayi karena bedong tersebut memberikan kehangatan pada bayi seperti saat di dalam rahim. Namun anda harus hati-hati saat membendong bayi, jangan terlalu kencang dan pilihlah kain yang tepat, nyaman agar bayi tidak merasa kepanasan.

  1. Stomach Position

Dengan dibedong saja biasanya beberapa bayi masih menangis. Jadi, alternatif selanjutnya yaitu gunakan teknik stomach position. Stomach position yaitu mengendong bayi dalam posisi miring atau tengkurap sehingga tangisan bayi akan berhenti.

  1. Swinging

Cara ketiga adalah dengan mengayunkan bayi atau swinging. Swinging yang dimaksud adalah memberikan ayunan pada badan bayi secara lembut dengan gerakan ke kiri dan ke kanan. Hal tersebut akan membuat bayi terasa diberi gerakan geleng-geleng kepala lembut.

  1. Shushing

Sebenarnya anda sudah sering mempraktikan teknik ini yaitu teknik shushing. Teknik sushing adalah membuat suara “sus” agak panjang dan lembut ke telinga bayi. Suara ini ampuh untuk meredakan tangisan bayi anda. Dikarenakan suara tersebut mirip dengan suara yang didengarkan bayi seperti saat di dalam rahim.

  1. Suck

Cara terakhir yaitu lakukan suck. Suck ini digemari oleh para bayi. Bayi biasanya akan menghisap jari saat tidak menyusu dengan ibunya. Namun pastikan jari anda dalam keadaan bersih. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY