Definisi dan Pengertian Penyimpangan Seksual Zoofilia

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidak dipungkiri jika saat ini semakin merebak aktivitas seks menyimpang yang terjadi di kalangan masyarakat. Salah satunya adalah menyalurkan hasrat seksual dengan binatang atau yang juga dikenal dengan istilah zoofilia. Berikut ini akan dipaparkan beberapa hal mengenai kelainan seks menyimpang zoofilia.

Apa definis dan pengertian zoofilia?

Zoofilia merupakan bentuk penyimpangan seksual yang dilakukan seseorang karena menaruh hasrat yang tinggi terhadap binatang. Definisi zoofilia sebenarnya sangat luas karena dibagi ke dalam berbagai jenis.

Di antaranya zooseksual yakni orientasi hubungan intim yang berfokus pada binatang. Kemudian ada pula zoophilic fantasizer yakni seseorang yang mempunyai fantasi seksual dengan binatang, namun tidak pernah benar-benar melakukannya. Ada lagi bestialitas yakni penetrasi dengan binatang dan bestialitas sadisme yakni perilaku menyiksa binatang tanpa berhubungan intim.

Lantas hewan apa yang sering menjadi korban?

Pada umumnya kasus zoofilia melibatkan kucing, anjing, babi, kuda, hingga unggas seperti bebek dan angsa. Binatang-binatang tersebut sering menjadi sasaran zoofilia karena sifatnya yang jinak, sehingga mudah diarahkan sebagai pelampiasan seksual.

Pelaku zoofilia lebih banyak laki-laki atau perempuan?

Pelaku zoofilia memang tidak mudah dikenali. Secara fisik orang tersebut tidak banyak perbedaan dengan orang lain, namun secara psikologis sangat berbeda. Umumnya pelaku zoofilia akan menyembunyikan penyimpangan seksual yang dialaminya.

Rupanya laki-laki lebih sering dilaporkan sebagai pelaku zoofilia ketimbang perempuan. Namun demikian bukan berarti perempuan juga  bebas dari ancaman penyimpangan seksual ini. Intinya bahwa penyimpangan zoofilia bisa menyerang siapa saja, termasuk segala level usia.

Apa penyebab zoofilia?

Hingga kini penyebab khusus terjadinya zoofilia belum banyak diketahui. Hanya saja dari berbagai studi kasus mengungkapkan jika zoofilia dapat dipicu oleh kekerasan atau trauma yang dialami seseorang semasa kecil.

Selain itu faktor yang juga bisa berpengaruh adalah genetik, lingkungan, hingga problem perkembangan psikologis. Kemudian perilaku seksual menyimpang ini juga dapat ditandai dengan kesulitan menjalin hubungan asmara dengan orang lain. Hal itulah yang menyebabkan orang tersebut melampiaskan hasratnya pada hewan.

Modus zoofilia memang semakin mengalami perkembangan. Jika dahulu penyimpangan seksual terhadap binatang ini dianggap sebagai sebuah pelampiasan, namun kini situasinya berbeda. Pasalnya seorang yang mengidap zoofilia bisa saja justru menaruh ketertarikan yang khusus pada binatang.

Dapatkah penderita zoofilia disembuhkan?

Penderita zoofilia belum dapat disembuhkan sepenuhnya. Kalaupun bisa sembuh total, maka proses yang harus dilewati sangatlah panjang. Pasalnya ahli medis dan psikologi harus bekerja keras dalam menyembuhkan fisik serta psikis pasien. Terapi juga harus dilakukan agar penderita dapat mengendalikan gairah seksualnya secara normal.

Apa bahaya zoofilia?

Tentu saja fenomena zoofilia sangat berbahaya karena menyimpang dari norma sosial yang ada di masyarakat. Keberadaan zoofilia tidak hanya merugikan diri sendiri, tapi juga orang lain yang hidup di sekitar pelaku. Hubungan seksual dengan binatang dapat berakibat fatal, karena perbedaan spesies bisa mengakibatkan cedera atau kematian. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here