Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Jika Persalinan Semakin Dekat

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Due date yang semakin dekat tidak jarang membuat ibu hamil panik karena persiapan persalinan yang masih minim. Terkadang, bayi lahir lebih cepat dari tanggal perkiraan. Karenanya, agar persiapan persalinan tak membuat Anda stres, persiapkan segalanya jauh-jauh hari sejak usia kehamilan tujuh atau delapan bulan. Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan?

  • Tempat melahirkan

Sebaiknya pilih rumah sakit atau klinik bersalin yang lokasinya tak jauh dari tempat tinggal guna meminimalisir kerepotan saat waktu persalinan tiba. Anda juga bisa berdiskusi dengan dokter atau bidan yang kerap memeriksa kondisi kehamilan Anda. Bila dirasa cocok, utarakan keinginan Anda untuk melahirkan di bawah penanganan dokter atau bidan tersebut. Konsultasikan pula mengenai metode melahirkan seperti apa yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda dan janin dalam kandungan.

Jika berencana melahirkan di rumah sakit, tanyakan jauh-jauh hari pada pihak rumah sakit mengenai persyaratan administratif yang dibutuhkan dan fasilitas apa saja yang disediakan sehingga Anda nanti tidak akan kewalahan karena membawa terlalu banyak barang.

  • Tas bersalin

Di usia kehamilan delapan bulan, idealnya Anda harus sudah mengemas segala keperluan persalinan untuk dibawa ke tempat persalinan mengingat bayi bisa lahir dua atau tiga minggu lebih cepat dari tanggal perkiraan dokter. Ini seperti pakaian, selimut, dan keperluan bayi sejenisnya, pakaian ibu, bra khusus menyusui, peralatan mandi, pembalut khusus pasca melahirkan, hingga pakaian ganti serta makanan untuk orang yang mendampingi di rumah sakit. Saat kontraksi tiba, tentu Anda tak perlu repot lagi mengemas ini itu bukan?

  • Mencari informasi

Jika kondisi ibu sehat, kemungkinan besar persalinan akan berjalan secara normal. Namun, kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi di kemudian hari. Mungkin saja rencana persalinan normal Anda berubah secara mendadak menjadi caesar karena ada indikasi tertentu. Oleh karenanya, ibu hamil harus banyak mencari tentang tanda-tanda persalinan, tahapan persalinan, dan bagaimana pasca persalinan kelak dari sumber terpercaya. Saat waktu kontrol kehamilan tiba, jangan ragu untuk bertanya pada bidan atau dokter Anda mengenai hal-hal yang belum Anda ketahui. Ini menjadi bagian penting dari persiapan mental Anda menjelang persalinan.

Jika persiapan persalinan Anda belum memadai, susunlah daftar dan mintalah suami dan kerabat dekat lainnya untuk membantu mempersipakan kebutuhan persalinan yang belum terpenuhi. Suami juga tentunya perlu mengetahui sejumlah hal penting mengenai persalinan yang akan Anda lewati. Jika memungkinkan, mintalah suami untuk menemani ketika jadwal kontrol kehamilan tiba. Dengan begitu, tentunya ia akan lebih memahami dan lebih siap menyambut persalinan sang buah hati. (RFZ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here