Di Usia Berapa Wanita Mengalami Menopause

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ketika usia semakin senja, para wanita mengalami kegalauan karena akan memasuki masa menopause. Masa menopause memungkinkan seorang wanita tidak bisa menjalani kehidupan rumah tangga seperti sebelumnya karena tentu ada efek yang ditimbulkan.

Usia Berapa Wanita Mengalami Menopause?

Wanita akan mengalami masa menopause ketika memasuki usia 50 tahunan. Menopause merupakan kondisi dimana wanita akan mengalami berhenti masa menstruasi untuk selamanya. Tentu ada gejolak yang akan dimiliki wanita dengan usia demikian sebab wanita yang mengalami menopause tentu akan mengalami beberapa hal yang cukup mengganggu.

Usia 50 merupakan perkiraan seorang wanita mengalami menopause. Tapi bisa terjadi juga di bawah usia 50-an atau bahkan lebih. Wanita dengan aktivitas sangat padat memungkinkan terjadinya menopause lebih cepat.

Wanita yang mengalami menopause cenderung lebih sensitif dan mengalami emosi yang kurang stabil. Dalam hubungan rumah tangga pun ada rasa minder dari dalam diri seorang wanita karena merasa sudah tidak lagi dapat memuaskan pasangannya dalam urusan ranjang. Pada saat inilah seharusnya suport dari pasangan harus diberikan kepada wanita secara penuh. Sebab kondisi psikis yang terjadi dalam rumah tangga jika terjadi secara terus-menerus akan sangat buruk akibatnya.

Wanita yang akan memasuki masa menopause akan cenderung mengalami siklus menstruasi yang kurang teratur. Wanita juga akan lebih sering berkeringat, panik, dan mengalami debar jantung yang tidak stabil.

Wanita yang akan memasuki masa menopause cenderung bisa mengalami rasa sakit saat berhubungan intim dengan pasangan. Sebab organ intim wanita bisa menjadi kering dan kurang berpelumas seperti sedia kala.

Wanita yang mengalami menopause juga akan kehilangan gairah untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangannya. Sehingga jika tidak diimbangi dengan rasa pengertian dari pasangan tentu akan menimbulkan percekcokkan. Terjadinya gangguan tidur seorang wanita karena saat menopause wanita cenderung mengalami tingkat stress yang cukup tinggi. Wanita juga sering mengeluh sakit kepala dan mengalami kerontokan rambut. Alhasil rambut wanita yang mengalami masa menopause semakin terlihat menipus.

Wanita yang mengalami menopause tentu sudah tidak bisa hamil lagi sehingga ada sisi kecewa dan ini bisa menjadi pemicu retaknya hubungan rumah tangga. Kecuali memang sebelumnya pasangan ini sudah memiliki buah hati. Kulit wanita yang sudah menopause juga semakin kering dikarenakan tubuh sudah tidak mengeluarkan hormon esterogen dan progesteron yang dampaknya dapat membuat kulit lebih halus.

Jika ada keraguan dalam diri wanita apakah menopause sudah terjadi atau ada gangguan lain yang membuat wanita tidak menstruasi sebaiknya segera mungkin berkonsultasi dengan dokter untuk memastikannya.

Demikian informasi mengenai usia wanita yang mengalami menopause, semoga bermanfaat bagi para Pembaca. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY