Kenali Kandungan, Manfaat dan Dampaknya Minuman Berenergi Bagi Tubuh

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Minuman berenergi merupakan minuman yang dapat membuat seseorang memiliki semangat dan kinerja lebih tinggi. Kandungan yang terdapat di dalam minuman berenergi dapat membuat seseorang lebih konsentrasi.

Apa Saja Kandungan di Dalam Minuman Berenergi?

  • Kafein. Kafein merupakan kandungan yang terdapat di dalam minuman berenergi. Fungsinya ialah untuk menstimulasi saraf pusat. Kandungan
  • Vitamin B. Vitamin B merupakan kandungan yang terdapat di dalam minuman berenergi.
  • Taurine. Taurine merupakan kandungan yang terdapat di dalam minuman berenergi yang dapat memberikan pengaruh bius pada seseorang.
  • HFCS. HFCS merupakan kepanjangan dari High Fruktose Corn Syrup merupakan kandungan yang terdapat di dalam sirup jagung dengan fruktosa yang tinggi. Kandungan ini mengandung pemanis yang rendah kalori dan tinggi lemak.
  • Sodium Sitrat. Efek dari sodium sitrat dapat mempercepat turunnya stamina. Sehingga mengubah kimia glukosa menjadi asam laktat dalam proses cepat.

Dampak Minuman Berenergi dalam Tubuh

  • Gangguan Panik Berlebihan

Terlalu sering mengkonsumsi kafein pada minuman berenergi dapat menyebabkan diuretik sehingga dehidrasi. Dehidrasi lebih cepat membuat seseorang merasa panik dan khawatir.

  • Merusak Ginjal

Terlalu sering mengkonsumsi minuman berenergi dapat merusak ginjal dan membuat seseorang harus rutin melakukan cuci darah.

  • Konsentrasi Lemah

Mengkonsumsi minuman berenergi terlalu sering membuat konsentrasi terganggu sehingga mempengaruhi aktifitas sehari-hari.

  • Insomnia

Kafein di dalam minuman berenergi dapat menghalangi adenosin. Adenosin. Kafein juga menyebabkan saraf otak waspada setiap saat sehingga menyebabkan insomnia alias susah tidur.

  • Obesitas dan Diabetes

Kandungan gula pada minuman berenergi menyebabkan seseorang mengalami obesitas sehingga dalam jangka panjang dapat mengakibatkan penyakit diabetes.

  • Serangan Jantung

Seseorang yang terlalu sering mengkonsumsi minuman berenergi cenderung mudah terkena serangan jantung karena detak jantung tidak stabil.

  • Mengalami Keguguran

Banyak mengkonsumsi minuman berenergi cenderung membuat wanita mengalami gangguan janin dan bahkan keguguran. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan kafein yang terdapat di dalam minuman berenergi.

  • Penyakit Tulang

Mengkonsumsi minuman berenergi membuat penyerapan kalsium terganggu sehingga tulang mudah rapuh dan cenderung terkena penyakit ostheoporosis.

Manfaat Minuman Berenergi

  1. Karbohidrat di dalam minuman berenergi dapat menjadi alternatif para atlet atau seseorang yang rutin melakukan gyms untuk menyimpan cadangan energi yang banyak hilang ketika berolahraga berat.
  2. Kafein yang terkandung di dalam minuman berenergi dapat membuat seseorang memiliki kinerja yang lebih baik dan lebih meningkat. Kafein juga biasa digunakan untuk seseorang dalam berlatih olahraga.
  3. Gula sederhana di dalam kandungan minuman berenergi dapat membuat kinerja pencernaan lebih baik oleh adanya proses pencernaan yang lebih berat karena mengkonsumsi karbohidrat yang berserat tinggi.

Demikian informasi mengenai kandungan, dampak, dan manfaat minuman berenergi bagi tubuh. (MLS)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY