Penyebab Berat Badan Naik Drastis pada Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kenaikan berat badan saat dalam masa kehamilan memang umumnya normal saja dan pada ibu hamil biasanya akan mengalami kenaikan berat badannya antara 6 sampai 12 kilogram. Namun ada beberapa ibu hamil juga yang justru mengalami kenaikan berat badan yang memang berlebihan. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab berat bdan naik drastis saat masa kehamilan yang perlu ibu hamil ketahui. Kenaikan berat badan yang berlebihan dapat berpotensi akan mengalami suatu komplikasi dalam kehamilannya seperti preeklamsia serta masalah kesehatan lainnya yang akan berdampak bagi ibu dan janinnya.

Peningkatan asupan kalori berlebihan akan menjadi salah satu faktor penting dalam kenaikan berat badan saat ibu hamil. Banyak sekali ibu hamil memang yang tidak memahami bahwa hamil bukan berarti makan dua kali lipat. Nyatanya memang ibu hamil membutuhkan 300 kalori. Maka jika ibu hamil mengalami kelebihan kalori hal ini akan menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak normal. Contohnya jika ibu hamil menambah 450 kalori dalam sehari, itu artinya selama satu minggu ibu hamil bisa mengalami kenaikan berat badan sebanyak 0,5 kilogram.

Perlu anda ketahui kurang tidur juga ternyata dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Karena adanya perubahan hormon dan fisik yang memang terjadi pada tubuh yang mengharuskan ibu hamil untuk istirahat. Karena jika seorang ibu hamil kurang tidur hal ini akan menyebabkan kelelahan saat hamil, kelelahan akan menyebabkan ibu hamil susah untuk melakukan aktivitas fisik sehingga akan menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebihan. Setiap ibu hamil memang perlu berhati-hati setiap kenaikan berta badannya yang drastis. Karena hal ini dapat menjadikan suatu komplikasi terhadap kehamilannya.

Berat badan ibu hamil yang naik biasanya akan bersamaan dengan tekanan darah tinggi. Selain itu, berbagai gangguan kesehatan juga bisa dialaminya. Seperti diabetes gestational juga salah satu ketidaknormalan akibat berat badan yang berlebihan. Tidak hanya penyakit sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Current Opinion mengungkapkan bahwa stres dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan berlebihan.

Berikut ini yaitu kriteria kenaikan berat badan normal pada ibu hamil seperti :

  1. Ibu hamil yang sebelumnya memiliki berat badan Underweigh dengan suatu indeks massa tubuh  (BMI) seperti kurang dari 18,5 maka peningkatan berat badan dikatakan normal bila bobotnya bertambah 13 sampai 18 kg.
  2. Ibu hamil yang sebelumnya memang memiliki berat badan normal dengan indeks massa tubuhnya (BMI) antara 18,5 sampai 24,9 maka peningkatan berat badan ini dikatakan normal jika bertambah 11 sampai 16 kg.
  3. Dan pada ibu hamil overweight dengan masa indeks tubuh (BMI) antara 25 sampai 19,9 maka peningkatan berat badan di katakan normal bila bobot ibu hamil itu sekitar 7 sampai 11 kg
  4. Ibu hamil yang memang mengalami obesitas sebelum hamil dengan masa indeks tubuh (BMI) lebih dari 30 maka peningkatan berat badan dikatakan normal bila pada saat hamil berat badannya itu 5 sampai 9 kg. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here