Diet Sehat Lebih Berenergi

0
76

SehatFresh.com – Aktivitas harian yang padat dapat menyebabkan kurang tidur, terlalu banyak stres hingga pola makan yang tidak teratur. Saat merasa lelah, sebagian besar orang selama ini selalu beralih ke kopi, suplemen energi atau minuman energi yang sebenarnya kurang baik bagi tubuh. Suplemen tidak dapat menjadi pengganti semua nutrisi yang Anda butuhkan dari kandungan makanan. Tubuh memerlukan makanan sehat agar dapat melakukan fungsi terbaiknya serta melawan stres sehari-hari dan kelelahan.

Makanan bisa dikatakan adalah bahan bakar utama tubuh yang membuatnya tetap bisa beraktivitas. Makanan yang kita konsumsi menghasilkan energi yang berasal dari kalori. Kalori ini berasal dari gizi makanan, seperti karbohidrat, protein dan lemak. Pada dasarnya setiap makanan memiliki fungsi yang hampir sama yaitu memberikan energi dan nutrisi bagi tubuh, akan tetapi mungkin beberapa jenis makanan hanya memberikan nutrisi yang lebih sedikit dan lebih banyak zat yang tidak berguna karena setiap makanan pasti ada bagian yang tidak diperlukan oleh tubuh. Untuk itu sangat penting memilih makanan yang padat nutrisi sehingga Anda tidak perlu banyak mengkonsumsinya tapi kebutuhan tubuh sudah terpenuhi.

Energi berasal dari makanan yang kita makan dan cairan yang kita minum. Tiga nutrisi utama yang digunakan untuk energi adalah karbohidrat, protein, dan lemak. Karbohidrat merupakan sumber energi yang paling penting. Protein dan lemak digunakan oleh tubuh ketika karbohidrat telah habis. Tubuh akan memecah nutrisi ke dalam komponen yang lebih kecil dan menyerapnya untuk digunakan sebagai bahan bakar. Proses ini dikenal sebagai metabolisme. Karbohidrat baik itu karbohidrat kompleks atau sederhana akan dikonversi menjadi gula (glukosa). Tubuh memecah gula dalam darah dan sel-sel darah menggunakan glukosa untuk menyediakan energi.

Karbohidrat kompleks seperti sereal tinggi serat, roti gandum dan pasta adalah sumber energi tahan lama karena dicerna secara perlahan sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks juga menstabilkan kadar gula tubuh sehingga pankreas memproduksi insulin lebih sedikit. Inilah yang membuat Anda tidak cepat lapar.

Selain karbohidrat kompleks, diet sehat juga perlu diimbangi protein (sebaiknya ayam, kalkun, daging dan ikan), kacang-kacangan, alpukat, biji, kacang-kacangan, dan minyak tertentu. Kacang-kacangan merupakan sumber protein yang sangat baik ditambah denga serat, dan nutrisi penting lainnya sehingga membuat Anda lebih kenyang dan bertenaga. Bila Anda sering ngemil, pilihlah camilan dari kacang-kacangan. Selain lezat, kacang-kacangan dapat memberi energi lebih untuk menunjang berbagai aktivitas. Kacang memiliki berbagai kandungan gizi dan sumber energi bagi tubuh. Kandungan gizi yang ada pada kacang adalah protein, omega-3, vitamin B, vitamin E, kaya serat, juga kaya akan kandungan magnesium dan kalium yang baik bagi tubuh. Satu sendok selai kacang pada roti gandum bisa memberikan energi yang melimpah terutama bagi Anda yang memiliki aktivitas yang padat. 

Cairan yang memadai juga penting untuk mempertahankan energi. Air diperlukan untuk pencernaan, penyerapan, dan pengangkutan nutrisi agar dapat menjadi energi. Bila tubuh kekurangan air, maka kita akan mengalami dehidrasi sehingga tubuh akan lesu dan lemas. Dehidrasi dapat menyebabkan kekurangan energi. Rata-rata orang perlu minum enam sampai delapan gelas air setiap hari. Asupan cairan yang cukup dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi sehingga organ tubuh dapat berfungsi dengan baik dan benar, serta membantu meningkatkan fungsi pencercanaan.

Karbohidrat sederhana juga harus dibatasi. Mulai dari permen, cookies hingga minuman manis. Karbohidrat sederhana dipecah dan diserap dengan cepat oleh tubuh. Makanan dengan karbohidrat sederhana hanya menyediakan energi selama 30 sampai 60 menit. Hal ini membuat Anda lebih cepat lapar dan kekurangan energi. Anda juga harus menghindari alkohol dan kafein. Minuman beralkohol bersifat depresan dan dapat mengurangi tingkat energi, sedangkan kafein biasanya hanya memberi energi untuk dua jam awal saja.

Sumber gambar : smartdetoxarea.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY