Empat Kelompok Makanan Paling Padat Gizi

SehatFresh.com – Apa yang kita konsumsi tentunya akan memengaruhi kondisi kesehatan kita. Makanan yang mengandung nilai gizi tinggi, tetapi rendah kalori untuk jumlah tertentu, dinyatakan sebagai makanan padat gizi. Para ahli kesehatan setuju bahwa makanan padat gizi harus menjadi fokus dari diet harian. Mengonsumsi makanan padat gizi setiap hari adalah pilihan yang sehat dan memiliki manfaat kesehatan jangka panjang. Dan kelompok makanan yang paling padat gizi adalah :

  1. Buah-buahan dan sayuran
    Buah dan sayuran adalah makanan yang paling padat gizi. Buah dan sayuran merupakan makanan rendah kalori dan lemak serta tinggi serat, kalium, vitamin A dan C dan folat. Buah dan sayuran juga kaya fitokimia, yaitu nutrisi yang menawarkan sejumlah manfaat bagi tubuh, termasuk peningkatan kekebalan serta perlindungan terhadap kanker dan penyakit jantung. U.S. Department of Agriculture merekomendasikan agar setengah dari piring Anda diisi dengan buah-buahan dan sayuran.
  2. Biji-bijian
    Sama halnya seperti buah dan sayuran, biji-bijian merupakan makanan padat gizi karena kaya akan kandungan serat, vitamin, mineral, lemak sehat dan fitokimia. Memasukkan biji-bijian seperti gandum utuh dalam diet Anda tidak hanya meningkatkan kualitas gizi, tetapi juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe-2 dan kanker. Serat dalam biji-bijian juga membantu mencegah sembelit dan mengurangi risiko penyakit divertikular.
  3. Sumber protein tanpa lemak
    Tubuh manusia membutuhkan protein untuk pertumbuhan, perkembangan dan perbaikan sel. Makanan yang kaya protein juga umumnya menyediakan zat besi, vitamin B, vitamin E, seng dan magnesium. Makanan berprotein dengan kepadatan nutrisi meliputi daging dan unggas tanpa lemak, makanan laut, telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Asupan protein umumnya didominasi dari daging sapi, unggas dan telur. Namun, penting juga untuk makan protein dari sumber yang berbeda seperti makanan laut, kacang-kacangan dan biji-bijian. Makanan laut, kacang dan biji- bijian mengandung nutrisi yang melindungi jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung.
  4. Produk susu rendah lemak
    Selain untuk tulang yang kuat, tetapi juga diperlukan untuk transmisi saraf, kontraksi otot serta penyempitan dan pelebaran pembuluh darah. Produk susu rendah lemak atau bebas lemak adalah sumber kalsium yang baik serta menyediakan vitamin D, protein dan kalium tanpa lemak jenuh dan kalori. Hal inilah yang membuatnya menjadi padat gizi. Menambahkan produk susu rendah lemak atau susu bebas lemak dalam diet tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan tulang, tetapi juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko diabetes tipe-2.

Sumber gambar : alwaysnutritionist.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY