Empat Minuman Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

SehatFresh.com- Pola makan seimbang sangat penting untuk mendukung kesehatan mental dan fisik bayi dalam kandungan. Selain makanan, asupan cairan juga turut berpengaruh pada kesehatan janin. Ibu hamil membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak dibandingkan ketika belum hamil. Kebutuhan yang meningkat ini disebabkan karena ada janin yang juga harus diberi asupan nutrisi termasuk cairan yang cukup. Meski kebutuhan menjadi meningkat, bukan berarti semua minuman yang biasa dikonsumsi sebelum hamil baik bila dikonsumsi saat hamil.

Berikut ini adalah 4 (empat)  minuman sehat untuk mendukung kesehatan kehamilan Anda :

  1. Air putih

Air putih sangat bermanfaat memperlancar aliran darah dalam tubuh. Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi air putih per hari setidaknya dua liter setara dengan delapan gelas untuk mencegah dehidrasi. Pilihlah air yang berkualitas baik. Bila mengonsumsi air keran, pastikan telah dimasak dengan baik dan bebas kuman. Bila mengkonsumsi air minum dalam kemasan, pastikan juga sumber dan proses pemurniannya telah dilakukan dengan baik.

2. Susu

Susu merupakan sumber vitamin D dan kalsium terbaik. Kedua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan janin selama di dalam kandungan. Karena kebutuhan kalsium pada ibu yang sedang menjalani masa kehamilan meningkat, sangat disarankan agar ibu hamil mengonsumsi dua gelas susu sehari. Minumlah susu khusus untuk ibu hamil karena sudah diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral lainnya yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

3. Jus buah dan sayuran

Segelas jus buah sehari merupakan cara terbaik untuk memperoleh asupan vitamin selama kehamilan. Jus olahan sendiri bisa disesuaikan dengan selera dari bahan pilihan yang tentunya lebih bersih dan steril. Campuran dari buah-buahan akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan ibu dan janin. Selain buah, sayuran juga penting untuk diet seimbang. Mengonsumsi sayuran dan buah dalam bentuk jus juga merupakan solusi terbaik jika ibu tidak terbiasa mengonsumsinya dalam bentuk aslinya.

4. Air kelapa

Air kelapa sangat kaya akan kandungan mineral mikro dan membantu mengatasi fluktuasi tekanan darah. Air kelapa adalah minuman isotonik alami. Hal ini juga bermanfaat untuk mengisi garam alami dalam tubuh.

Selain itu, ada 3 (tiga) minuman yang tidak disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil, yaitu:

  1. Kopi dan teh

Ibu hamil tidak disarankan untuk minum kopi dan teh karena mengandung kafein yang dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Terlalu banyak kafein bisa berakibat pada berat lahir lebih rendah. Berat badan lahir yang rendah meningkatkan risiko bayi memiliki beberapa masalah kesehatan di masa depannya.

New South Wales Health merekomendasikan bahwa wanita hamil tidak boleh mengkonsumsi lebih dari 200mg kafein sehari. Ini setara dengan dua gelas kopi instan atau empat cangkir teh dengan rasa sedang. Bila ibu sulit menghindari kebiasaan minum kopi dan teh, sebaiknya ibu tidak minum lebih dari satu cangkir perhari. Meskipun teh herbal diklaim tidak mengandung kafein, pastikan untuk membaca daftar bahannya terlebih dahulu. Herbal tertentu dan zat aditif di dalamnya mungkin tidak aman selama kehamilan sehingga perlu dikonsultasikan dahulu dengan dokter.

2. Softdrink

Sofdrink mengandung soda, zat kimia dan kafein. Softdrink juga cenderung tinggi kalori sehingga membuat perut ibu terasa cepat kenyang dan menyebabkan ibu menjadi malas makan. Jika ibu malas makan, maka asupan gizi yang dibutuhkan oleh janin dan ibu hamil menjadi tidak tercukupi.

3. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol harus benar-benar dihindari oleh ibu hamil karena dapat meningkatkan risiko cacat pada janin. Minuman beralkohol juga tidak memiliki manfaat apapun karena tidak mengandung zat-zat yang dibutuhkan ibu hamil.

Sumber gambar : gigisusu.net

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY