Gangguan Menstruasi Oligomenorea

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Gangguan menstruasi, yang sangat eret kaitannya dengan wanita, salah satunya kelainan siklus ada beberapa gangguan menstruasi diantaranya oligomenorrea, tetapi kasus ini jarang di alami oleh wanita kebanyakan.

Pengertian Oligomenorea

Oligomenorrea adalah suatu keadaan dimana siklus haid yang dialami seorang wanita terlampau memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah pendarahan yang keluar tetap sama. Seseorang wanita yang mengalami siklus ini akan mengalami menstruasi lebih jarang dari pada biasanya. Apabila berhentinya siklus haid lebih dari 3 bulan, maka kondisi tersebut termasuk Amonorea sekunder.

Penyebab Oligomenorea

Oligomenorea biasanya akan terjadi karena adanya gangguan kesimbangan hormonal. Gangguan ini terjadi pada aksis hipotalamus-hipofisis-sampai ovarium. Kondisi ini akan menyebabkan siklus menstruasi memanjang dari siklus normalnya. Akibatnya menstruasi menjadi lebih jarang terjadi. Oligomenorea sering terjadi dalam jangka waktu 2 sampai 5 tahun setelah menstruasi pertama. Selain itu juga bisa terjadi menjelang menopause. Oligomenorea juga bisa terjadi pada masa-masa itu merupakan variasi yang normal terjadi. Penyebabnya yaitu karena kurang baiknya koordinasi antara hipotalamus, hipofisis dan ovarium pada awal terjadinya anda menstruasi pertama.

Di samping itu siklus oligomenorea dapat terjadi karena hal-hal berikut seperti :

  1. Ganguan pada indung telur seperti sindrome polikistik ovarium (PCOS)
  2. Stress dan depresi
  3. Sakit kronik
  4. Seseorang dengan gangguan makan seperti anorexsia nervosa dan bulimia
  5. Penurunan berat badan yang berlebihan
  6. Olahraga berlebihan, umumnya dapat terjadi pada atlit wanita
  7. Adanya tumor yang melepaskan estrogen
  8. Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks akibatnya terjadi pengeluaran darah menstruasi manjadi terhambat
  9. Penggunaan obat-obatan tertentu.

Berkonsultasi pada dokter untuk dapat mengetahui penyebab ganguan oligomenorea untuk mendapatkan terapi yang sesuai dengan kondisi anda. Hal ini dikarenakan terapi yang berdasarkan kondisi hormonal tubuh anda akan kembali seperti semula demikian siklus menstruasi yang anda alami. Terdapat beberapa cara terapi menstruasi yang tidak teratur seperti :

  • Mengubah gaya hidup

Salah satunya olahraga memang baik untuk kesehatan, hanya saja, olahraga berlebihan akan berdampak buruk kepada siklus menstruasi anda Karena itu, bagi Anda yang terlalu banyak berolahraga dan mengalami gangguan menstruasi, sebaiknya mulailah untuk mengurangi frekuensi dan intensitas olahraga agar menstruasi dapat kembali normal..

  • Mengganti alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi yang tidak cocok juga dapat mengganggu siklus mestruasi anda dan bagi Anda yang mengalami siklus menstruasi tidak teratur setelah tiga bulan menggunakan kontrasepsi yang di gunakan contohnya KB hormonal anda harus segera konsultasikan kepada dokter dan meminta rekomendasi alat kontrasepsi jenis lain.

  • Hormon estrogen dan progesteron

Ketidakseimbangan hormon tertentu dalam tubuh sering kali menjadi penyebab siklus menstruasi tidak teratur. Bagi Anda yang  menggunakan Pil KB yang mengandung hormon estrogen dan progesteron untuk dapat membantu mengontrol siklus menstruasi yang tidak teratur. Bagi wanita yang siklus menstruasinya jarang, dapat menggunakan obat hormon progestin dapat memicu timbulnya menstruasi.

  • Pengobatan PCOS

Sindrom ovarium polikistik atau PCOS dan hipotiroidisme merupakan penyebab umum menstruasi tidak teratur. Wanita yang menderita PCOS dapat diberikan pil KB atau hormon lain yang dapat mengembalikan keseimbangan hormon tubuh. Sedangkan kondisi penderita hipotiroidisme dapat diatasi dengan suplemen hormon tiroid.

  • Pembedahan

Pembedahan yang  dilakukan jika ada jaringan parut atau masalah struktural rahim (tuba fallopi) yang menjadi penyebab menstruasi tidak teratur. Langkah ini khususnya diperuntukkan bagi wanita yang ingin memiliki anak.

Oligomenorea adalah bukan satu-satunya gangguan menstruasi yang  bisa dialami oleh wanita. Oleh sebab itu anda sebaiknya mulailah memeriksakan diri kepada dokter sangat dianjurkan jika siklus menstruasi Anda tidak teratur. Tanyakan kepada dokter mengenai penyebab sekaligus pengobatan yang tepat. (NLT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here