Gejala Kanker Getah Bening pada Balita dan Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahabat Pembaca pernah mendengar bahwa kanker getah bening juga banyak menyerang balita dan anak? Jika ya bagaimana gejalanya? Dengan mengetahui gejala kanker getah bening pada anaknya membuat setiap orangtua dapat bergerak cepat untuk melakukan tindakan pengobatan pada anaknya.

Bagaimana Tanda-tanda Kanker Getah Bening Pada Balita dan Anak?

Kanker getah bening merupakan kanker yang menyerang kelenjar bagian leher, dada, ketiak, dan pangkal paha. Ada beberapa gejala yang ditimbulkan dari penyakit kanker getah bening ini sebagai berikut:

Gejala Infeksi Akut

  1. Terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening yang ada di daerah kepala dan leher.
  2. Terjadinya demam dan keletihan tubuh yang parah.
  3. Warna lunak dan kemerahan pada seluruh tubuh.
  4. Keadaan ini biasanya disebabkan oleh bakteri dan terkadang gejalanya bisa sembuh dan tidak terlihat tapi bisa muncul lagi.

Gejala Infeksi Kronik

Terjadinya pembengkakan karena bakteri microbacterium tuberculosa atau penyakit yang bisa menyerang paru-paru meskipun keadaan paru-paru dalam keadaan tidak apa-apa.

Gejala Kanker Primer

Kanker kelenjar getah bening bisa sembuh sendiri sebenarnya apabila sudah terdeteksi sejak awal. Pembengkakan yang terjadi pun yang sudah semakin membesar apabila diobati secara serius dapat dikhawatirkan karena ditemukannya pembengkakan pada bagian ketiak atau lipatan paha. Gejala kanker yang sudah parah akan sangat sulit disembuhkan.

Gejala Fisik

  • Bagian Mata. Mata akan terkesan memerah, ototnya rusak atau juling, bahkan seperti mata kucing.
  • Leher. Munculnya benjolan yang semakin lama bisa semakin besar dalam waktu singkat, meskipun sebenarnya benjolan tidak sakit jika dipegang atau kesakitan.
  • Perut. Bentuk perut semakin membesar atau buncit dan jika ditekan akan dirasakan adanya sebuah benjolan.
  • Tangan atau kaki. Terjadi pembengkakan pada tangan dan kaki dengan diiringi demam tinggi atau nyeri di bagian kepala.
  • Otak. Lemah otak dapat terjadi dengan adanya gejala yang begitu pusing, mual, muntah-muntah, terjadinya gangguan keseimbangan, dan semakin lama semakin lumpuh.

Ciri-ciri Jika Sudah Parah

  1. Gejala tubuh terlihat lemah, letih, dan lemah. Tubuh akan mengalami kecapean yang sangat parah padahal juga tidak beraktivitas.
  2. Pencernaan terganggu, penderita akan mengalami sulit buang air besar.
  3. Pengambilan nafas menjadi terganggu atau sering sesak nafas.
  4. Nafsu makan akan terus menurun semakin lama tubuh semakin kurus.
  5. Wajah terlihat membiru dan pucat.

Demikian informasi mengenai gejala kanker getah bening pada balita dan anak yang dapat bermanfaat bagi Pembaca. Semoga Pembaca dapat mengambil tindakan yang secepat mungkin apabila anak mengalami gejala seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel tersebut. (MLS).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY