Gejala Kekurangan Vitamin pada Tubuh saat Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Menahan haus dan lapar selama kurang lebih 13 jam saat puasa tak jarang membuat beberapa orang mengalami gangguan kesehatan. Salah satuya tubuh menjadi kekurangan vitamin karena jumlah asupan makanan yang berkurang sebab anda hanya makan saat sahur dan berbuka puasa saja, tak seperti hari biasa yaitu anda bisa makan kapan saja.

Tubuh yang kekurangan vitamin tentunya akan menunjukka hal yang tidak seperti biasanya. Hal yang akan muncul saat tubuh anda kekurangan vitamin di bulan puasa yaitu:

  1. Bibir pecah-pecah

Gejala yang mudah dikenali saat anda kekurangan vitamin dalam menjalankan ibadah puasa yaitu bibir yang pecah-pecah. Bibir anda pecah-pecah karena tubuh kekurangan asupan vitamin C. Tidak hanya bibir pecah-pecah, kekurangan vitamin C juga memunculkan gejala lain seperti wjah yang terlihat pucat dan bisa juga mood yang gampang turun saat puasa.

  1. Diare

Saat kekurangan vitamin sistem pencernaan bisa juga terganggu karena tubuh juga kekurangan mineral zinc. Hal itu membuat anda mengalami diare.

  1. Rambut rontok

Selain diare, anda juga akan mengalami kerontokan rambut jika kekurangan vitamin saat puasa. Sama halnya diare, kekurangan vitamin yang disertai kurangnya zinc atau seng dalam tubuh maka memunculkan gejala rambut yang mudah rontok.

  1. Sering kesemutan

Sering kesemutan juga menjadi gejal saat tubuh anda kekurangan vitamin dalam menjalankan puasa. Kondisi ini disebut dengan neuropati yang disebabkan karena tubuh kekurangan asupan vitamin B. Bagian tubuh yang biasanya sering mengalami kesemutan yaitu kaki dan tangan anda.

  1. Penglihatan menurun

Vitamin A sangat populer sebagai fungsinya untuk menjaga kesehatan mata. Saat puasa anda bisa saja kekurangan asupan vitamin A. Ketka tubuh kekurangan vitamin A, maka gejala yang akan ditimbulkan adalah menurunnya fungsi penglihatan anda.

Itulah beberapa gejala kekurangan vitamin pada tubuh saat menjalani puasa. Meski begitu, kita harus tetap menjalanka ibadah puasa karena merupakan sebuah kewajiban bagi orang islam. Untuk menjaga tubuh agar tidak kekurangan vitamin ada cara yang bisa anda gunakan.

Cara tersebut yaitu dengan selalu memperhatikan asupan makanan ketika makan sahur dan berbuka puasa. Pastikan makanan yang anda konsumsi pada kedua waktu tersebut dapat memenuhi kebutuhan gizi atau vitamin tubuh anda sehingga tubuh dapat beraktivitas dengan baik selama puasa dan terhindar dari kekurangan vitamin serta sehat selalu. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here